Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fretilin: Pemerintahan Xanana Gusmao Hanya Buang-buang Uang Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 06 Oktober 2020, 11:13 WIB
Fretilin: Pemerintahan Xanana Gusmao Hanya Buang-buang Uang Rakyat
Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao/Net
rmol news logo Partai oposisi pemerintah Timor Leste, Fretilin tidak mengakui adanya perkembangan yang terjadi dalam 10 tahun masa kepemimpinan Xanana Gusmao, baik sebagai Presiden maupun Perdana Menteri.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Fraksi Fretilin, Francisco Miranda Branco di Parlemen Nasional pada Jumat (2/10), seperti dikutip dari The Oekusi Post.

"Kita sudah melangkat jauh hampir satu setengah dekade dengan dana milik kita sendiri dan bantuan dana dari mitra kerja untuk pembangunan nasional," ujar Branco.

"Selama jangka waktu yang cukup lama, sebagai satu negara, kita sudah menghamburkan banyak uang, tapi tidak berinvestasi, menghabiskan uang hanya untuk menguntungkan sebagian kelompok saja," sambungnya.

Branco menggarisbawahi, semasa kepemimpinan Xanana, Timor Leste sudah menghabiskan dana sebesar 14 miliar dolar AS, namun masyakarat masih belum mendapatkan dampaknya, seperti halnya masih kekurangan air bersih.

Bukan hanya di pelosok, keluhan dari masyarakat tersebut juga terjadi di ibukota Dili sejak 2015. Padahal, air bersih sudah masuk dalam rencana strategis pembangunan nasional (PEDN) 2011-2030.

Selain itu, Branco juga mengungkit pembangunan rumah MDG's yang menghabiskan banyak uang yang menguntungkan negara lain, mengingat bahan bangunan untuk rumah tersebut didatangkan dari negara lain.

Meski begitu, ia tidak menyinggung laporan pengadilan audit terhadap proyek Zona Khusus Ekonomi Sosial dan Pasar (ZEESM) di Wilayah Administrasi Spesial Oe-Kusi Ambeno (RAEOA).

Sebelumnya, pada 19 September, Sekretaris Jenderal Partai Fretilin, Mari Alkatiri juga menyoroti hal yang sama.

"Sudah lama negara berjalan pada jalan yang sama dengan menghabiskan uang rakyat, tapi tidak ada hasil yang signifikan bagi masyarakat. Tidak prihatin dengan masyarakat miskin, tapi lebih sibuk dengan mega proyek untuk mendapatkan keuntungan," kata Alkatiri.

Menanggapi pernuataan dari Fretilin, Ketua Fraksi Partai Demokrat, Antonio da Conceicao Kalohan mengatakan telah banyak pencapaian yang dilakukan oleh Xanana dalam masa pemerintahannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA