Macron Kunjungi Lokasi Bencana Banjir Dahsyat, Janjikan Bantuan Segera

Presiden Macron saat mengunjungi lokasi banjir di Saint Martin Vesubie pada 7 Oktober 2020/Net

Sebuah mobil van nampak menempel di tepi jurang Alpen usai diempaskan  badai yang luar biasa dahsyat. Sementara selembar bendera Prancis yang compang-camping tergantung di pohon yang tumbang oleh banjir yang ganas. Di antara kedua benda mati itu nampak sejumlah petugas medis darurat yang tengah sibuk merawat warga yang terluka di sebuah rumah makan yang disulap menjadi rumah sakit lapangan.

Dengan sedikitnya 12 orang tewas dan lainnya hilang, Prancis dan Italia masih menerka-nerka berapa nilai kerusakan dan pembersihan setelah hujan lebat yang dimulai Jumat, menyapu rumah dan menggali mayat dari pemakaman setempat.

Sedikit harapan datang setelah Presiden Prancis Emmanuel Macron datang mengunjungi daerah pegunungan dekat pantai Mediterania yang luluh lantak itu seraya membawa janji untuk memberi bantuan pemerintah kepada para korban banjir pada Rabu (7/10) waktu setempat.

“Bangsa ini tidak akan meninggalkan wilayahnya, anak-anaknya,” katanya dalam sebuah posting Facebook sebelum perjalanan. "Bersama-sama kita akan mengatasi ini," katanya seperti dikutip dari AFP, Rabu (7/10).

Beberapa hari telah berlalu usai banjir dahsyat yang menghantam pemukiman warga yang mereka sebut sebagai banjir terburuk dalam hidup mereka.

Di Desa Saint Martin Vesubie, anjing menggonggong dengan panik saat pemiliknya memberangus mereka untuk naik helikopter evakuasi ke kota Nice. Seorang pria mengirim keluarganya ke tempat aman sementara dia tetap tinggal untuk mencoba menyelesaikan klaim asuransi, dengan harapan mendapat kompensasi atas kerusakan rumahnya.

Warga berkumpul di luar balai kota, berpelukan dan mencoba menghibur satu sama lain. Seseorang menyiapkan barbekyu sementara orang-orang menunggu untuk dievakuasi, memanggang sosis untuk kelompok itu. Di seberang jalan, rumah sakit kota sekarang menjadi rumah sakit lapangan dan tempat peristirahatan bagi penyelamat dan petugas medis yang bekerja di daerah tersebut. Di luar satu rumah, sebuah van tergantung di tepi jurang.

Di Breil-sur-Roya, seseorang menyelamatkan bendera tiga warna Prancis dari jembatan yang hampir terhapus oleh banjir, dan menggantungnya hingga kering di sisa-sisa pohon yang tumbang oleh badai. Lumpur menutupi segalanya - mobil, piring, lantai, dan dinding.

Empat kematian telah dilaporkan di Prancis, dan delapan di Italia sejak badai menghantam wilayah Alpes-Maritimes Prancis dan wilayah barat laut Liguria dan Piedmont di Italia. Pemerintah daerah Alpes-Maritimes mengatakan sekitar 20 orang masih hilang pada Rabu.

Perdana menteri Prancis mengatakan lebih dari 900 penyelamat, 500 petugas polisi dan beberapa pasukan terlibat dalam operasi darurat di wilayah pegunungan, yang menampung 12 ribu penduduk.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Presiden Armenia Minta Rakyat Bisa Saling Bergandengan Tangan Hadapi Situasi Pasca Perang
Dunia

Presiden Armenia Minta Rakya..

05 Desember 2020 17:27
Beri Contoh Pada Rakyatnya, Erdogan Siap Disuntik Vaksin Covid-19
Dunia

Beri Contoh Pada Rakyatnya, ..

05 Desember 2020 17:05
Ajudan Senator Republik Georgia Tewas Dalam Kecelakaan Mobil Beruntun, Mike Pence Berduka: Dia Pemuda Yang Luar Biasa
Dunia

Ajudan Senator Republik Geor..

05 Desember 2020 16:47
Undang Aktivis Pro-Demokrasi, Politisi Denmark Kena Amukan China: Jangan Ikut Campur Urusan Hong Kong!
Dunia

Undang Aktivis Pro-Demokrasi..

05 Desember 2020 16:34
Badan Keamanan Lebanon Ungkap Rencana Pembunuhan Sejumlah Tokoh Masyarakat
Dunia

Badan Keamanan Lebanon Ungka..

05 Desember 2020 15:37
Penemuan Luar Biasa Dari Penggalian Kota Pompeii: Harta Karun Orang Romawi Terkaya Bernama Quintus Poppaeus
Dunia

Penemuan Luar Biasa Dari Pen..

05 Desember 2020 15:16
Perang Telah Berakhir, Namun Perjuangan Melawan Stres Pasca-Trauma Baru Saja Dimulai
Dunia

Perang Telah Berakhir, Namun..

05 Desember 2020 14:46
Belasan Penambang Terjebak Tanah Longsor Di Tambang Emas Ilegal Nikaragua
Dunia

Belasan Penambang Terjebak T..

05 Desember 2020 13:48