Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vladimir Putin Rayakan Ultah Ke-68 Dengan Peluncuran Rudal Hipersonik Zircon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 08 Oktober 2020, 11:54 WIB
Vladimir Putin Rayakan Ultah Ke-68 Dengan Peluncuran Rudal Hipersonik Zircon
Uji coba peluncuran rudal hipersonik Zircon dari fregat Laksamana Groshkov di Laut Putih pada Selasa, 6 Oktober 2020/Net
rmol news logo Hari ulang tahun (HUT) Presiden Rusia, Vladimir Putin dirayakan dengan sebuah peristiwa bersejarah, yaitu uji coba peluncuran rudal hipersonik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tepat pada Rabu (7/10), Putin yang genap berusia 68 tahun memuji uji coba rudal jelajah hipersonik baru yang dinamakan Zircon itu.

Walaupun hanya menyaksikan secara virtual, tetapi Putin tampak puas dengan peluncuran yang ia gambarkan sebagai "peristiwa besar" tersebut.

Berbicara kepada Putin melalui panggilan video, Kepala Staf Umum Rusia Valery Gerasimov mengatakan, uji coba peluncuran yang dilakukan dari fregat Laksamana Groshkov yang terletak di Laut Putih pada Selasa (6/10) telah berhasil.

Gerasimov menyebut, rudal itu berhasil mencapai target di Laut Barents.

"Memperlengkapi angkatan bersenjata kita, angkatan darat dan angkatan laut, dengan sistem senjata terbaru yang benar-benar tak tertandingi pasti akan memastikan kemampuan pertahanan negara kita dalam jangka panjang," kata Putin.

Dalam sambutan yang disiarkan di televisi, Putin juga menyampaikan kembali kebanggaannya atas peluncuran itu.

"Ini adalah peristiwa besar yang tidak hanya muncul dalam kehidupan angkatan bersenjata tetapi juga untuk seluruh Rusia, seluruh negeri," kata Putin.

Pada 2019, Putin mengatakan Zircon akan mampu terbang dengan sembilan kali kecepatan suara dan memiliki jangkauan 1.000 km.

Rudal tersebut menempuh jarak 450 km dalam empat setengah menit setelah mencapai kecepatan hipersonik lebih dari Mach 8.

Putin sebelumnya berpendapat bahwa Rusia harus mengembangkan senjata baru sebagai tanggapan atas pengembangan sistem pertahanan rudal AS yang mengancam akan mengikis penangkal nuklir Rusia.

Gerasimov mengatakan, uji coba Zircon akan terus dilakukan hingga rudal hipersonik tersebut dapat dikerahkan di kapal dan kapal selam Rusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA