Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

FBI Bongkar Rencana Penculikan Kelompok Sayap Kanan Terhadap Gubernur Michigan Gretchen Whitmer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 09 Oktober 2020, 11:57 WIB
FBI Bongkar Rencana Penculikan Kelompok Sayap Kanan Terhadap Gubernur Michigan Gretchen Whitmer
Gubernur Michigan Gretchen Whitmer/Net
rmol news logo Sebanyak 13 orang didakwa dengan tuduhan rencana penculikan terhadap Gubernur Negara Bagian Michigan dari Partai Demokrat. Polisi negara bagian Michigan mengungkapkan para pelaku merupakan anggota organisasi sayap kanan.

Enam tersangka menghadapi dakwaan federal atas konspirasi melakukan penculikan dan ditangkap pada Rabu. Polisi mengidentifikasi tersangka sebagai Adam Fox, Barry Croft, Ty Garbin, Kaleb Franks, Daniel Harris, dan Brandon Caserta. Keenam orang itu dituduh melakukan rencana penculikan terhadap Gubernur Gretchen Whitmer di rumah peristirahatannya, kata pejabat di Michigan, seperti dikutip dari CBS, Kamis (9/10).

Tujuh orang lagi yang terkait dengan kelompok milisi yang dikenal sebagai Wolverine Watchmen ditahan dan sementara masih terus dilakukan penyelidikan, kata Jaksa Agung Michigan Dana Nessel. Ketujuh orang itu dituduh berusaha menemukan alamat rumah petugas penegak hukum untuk menargetkan mereka, membuat ancaman kekerasan yang dimaksudkan untuk "memicu perang saudara" dan terlibat dalam perencanaan dan pelatihan untuk menyerang gedung DPR Michigan dan menculik pejabat pemerintah, termasuk Whitmer.

"Semuanya adalah anggota dari dua kelompok milisi yang bersiap untuk menculik dan mungkin membunuh saya," kata Whitmer dalam sebuah pidato dari Lansing Kamis sore setelah penangkapan itu.

"Ketika saya meletakkan tangan saya di atas Alkitab dan mengambil sumpah jabatan 22 bulan lalu, saya tahu pekerjaan ini akan sulit," lanjut Whitmer. "Tapi saya akan jujur, saya tidak pernah membayangkan hal seperti ini."

Dia berterima kasih kepada penegak hukum federal dan negara bagian atas penangkapan itu.

"Mudah-mudahan akan mengarah pada hukuman, membawa orang-orang yang sakit dan bejat ini ke pengadilan," kata Whitmer.

Penangkapan tersebut muncul dari penyelidikan yang dipimpin FBI yang dimulai pada bulan Maret dan berfokus pada kelompok milisi yang membahas penggulingan dengan kekerasan" dari pejabat pemerintah dan penegak hukum tertentu.

Aksi mereka tak sempat terlaksana karena terlebih dahulu dibongkar agen FBI dan polisi Michigan. Mereka digerebek saat  mengumpulkan dana untuk membeli bahan peledan dan bertukar peralatan taktis.

Masing-masing pria yang didakwa federal menghadapi hukuman penjara seumur hidup jika terbukti bersalah atas semua tuduhan, kata pihak berwenang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA