Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Tahu Ada Wartawan Dan Warga, Azerbaijan Tetap Lancarkan Serangan Ke Katedral Ghazanchesots

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 09 Oktober 2020, 17:02 WIB
Meski Tahu Ada Wartawan Dan Warga, Azerbaijan Tetap Lancarkan Serangan Ke Katedral Ghazanchesots
Bagian dalam Katedral Ghazanchesots yang hancur setelah serangan Azerbaijan/Net
rmol news logo Sejumlah wartawan dan warga di Nagorno-Karabakh atau Artsakh menjadi saksi mata bagaimana drone Azerbaijan menghantam Katedral Ghazanchetsots hingga hancur meledak.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mengutip pernyataan Kantor Pembela Hak Asasi Manusia Artsakh pada Kamis (8/10), Armen Press melaporkan, satu di antara tiga wartawan Rusia yang berada di sana terluka dalam kondisi yang kritis.

ketika insiden tersebut terjadi, para wartawan banyak berkumpul di katedral untuk meliput serangan bom di sana. Namun ketika itu, sebuah pesawat tanpa awak atau UAV berada di atas mereka dan tiba-tiba menghantam katedral dan ledakan terjadi untuk kedua kalinya.

"Warga dan wartawan yang menyaksikan kejadian tersebut mengatakan serangan diikuti oleh sebuah UAV yang terbang di atas katedral untuk beberapa waktu yang kemudian menghantam katedral itu," ujar Kantor Pembela HAM.

"Fakta-fakta ini menunjukkan bahwa Angkatan Bersenjata Azerbaijan melakukan serangan ini meski mengetahui ada wartawan di dalamnya," tambah kantor itu.

Selain melakukan serangan kedua kalinya ke katedral, Azerbaijan juga dilaporan menyerang sebuah situs di dekat Masjid Shushi.

Menurut para aktivis HAM, serangan Azerbaijan telah melanggar hukum internasional dan merupakan kejahatan terhadap perang serta kemanusiaan.

Selain wartawan Rusia, sejumlah wartawan lainnya juga terluka dalam insiden tersebut.

Sebelumnya, dua wartawan Prancis terluka dalam serangan yang dilakukan Azerbaijan ke Martakert. Salah satu di antaranya saat ini dalam kondisi kritis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA