Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Badai Delta Masuki Tahap Tiga, Sejumlah Wilayah Amerika Lakukan Antisipasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 10 Oktober 2020, 11:07 WIB
Badai Delta Masuki Tahap Tiga, Sejumlah Wilayah Amerika Lakukan Antisipasi
Badai Delta di Meksiko/Net
rmol news logo Badai Delta telah memasuki kategori 3, Komunitas Pantai Teluk AS bersiap menghadapi gelombang badai dan angin ganas akibat meningkatnya status badai mematikan itu.

Ahli meteorologi Rob Shackelford mengatakan bahwa Badai Delta membawa angin sekitar 120 mph Jumat (9/10) pagi waktu setempat, diperkirakan akan mendarat pada Jumat malam tepat di timur Danau Charles, dan akan melanda komunitas yang sudah dilanda Badai Laura beberapa minggu lalu.

"Kami percaya bahwa akan ada angin topan yang kuat dan gelombang badai di barat daya Louisiana di daerah negara bagian kami yang paling tidak siap untuk menerimanya," kata Gubernur Louisiana John Bel Edwards Kamis, seraya mendesak penduduk untuk membuat rencana untuk mengantisipasi badai tersebut, seperti dikutip dari CNN, Jumat (9/10).

Pusat Badai Nasional memperingatkan gelombang badai 'berbahaya' yang diperkirakan terjadi di dekat pendaratan badai dan bagian dari garis pantai Louisiana bisa  menyebabkan air meluap hingga 11 kaki.

"Itu akan ditambah dengan angin kencang dan curah hujan yang kemungkinan akan menyebabkan banjir bandang yang signifikan di beberapa bagian Louisiana pada Jumat dan Sabtu," kata pusat itu .

"Sementara kami memiliki niat untuk menolong Anda secepat mungkin jika Anda membutuhkan penyelamatan atau bantuan lainnya, Anda harus merencanakan seolah-olah 72 jam pertama ada pada Anda," kata Edwards.

Beberapa komunitas, termasuk Cameron Parish dan Calcasieu Parish - di mana Danau Charles berada - memiliki perintah evakuasi wajib.

Peringatan badai telah diberlakukan untuk High Island, Texas, hingga Morgan City, Louisiana, dan peringatan gelombang badai diberlakukan untuk sebagian Texas hingga Mississippi, menurut Pusat Badai Nasional.

"Hujan hingga 10 inci diperkirakan akan turun hingga Sabtu untuk beberapa bagian selatan dan tengah Louisiana, dengan beberapa daerah diperkirakan akan melihat air sebanyak 15 inci," kata Shackelford.

Dalam peringatan terakhir agar penduduk dievakuasi, Walikota Lake Charles Nic Hunter mengatakan pada Kamis sore bahwa pegawai kota akan berusaha sekuat tenaga untuk membantu mengevakuasi siapa pun yang ingin meninggalkan kota sebelum badai.

"Kami mencapai saat tertentu pada akhirnya, di mana tidak akan aman lagi untuk keluar di jalan," kata Hunter dalam pesan video yang diposting di Facebook.

"Pikirkan tentang Anda dan keluarga Anda. Dan ini adalah permintaan kuat kami agar Anda mengindahkan nasihat itu dan mengungsi," lanjutnya.

Di Cameron, Louisiana, seorang warga bernama Leona Boullion mengatakan bahwa rumahnya telah selamat dari bencana Badai Laura, tetapi dia tidak yakin apakah dia akan seberuntung itu kali ini.

"Saya berkemas untuk pergi lagi," kata Boullion.

Para pemimpin lokal juga memperingatkan kemungkinan tornado, yang bisa datang hingga Jumat di beberapa bagian Louisiana dan Mississippi, menurut pusat badai.

Peringatan badai tropis telah diberlakukan di beberapa bagian Texas dan Louisiana, termasuk New Orleans, di mana Walikota LaToya Cantrell mengatakan dia sangat prihatin tentang kemungkinan tornado.

"Badai tropis memaksa angin, ini juga masalah besar, curah hujan dan kemungkinan banjir bandang adalah yang kami perkirakan," katanya.

Sementara itu, Gubernur Mississippi Tate Reeves mengatakan pada hari Kamis bahwa negara bagian telah mengirimkan sumber daya untuk membantu masyarakat dan jika diperlukan mereka juga akan mengerahkan sumber daya Garda Nasional.

Pejabat di sana juga memperingatkan kemungkinan tornado di negara bagian tersebut, serta hujan lebat.

"Kami mengantisipasi badai, atau setidaknya yang tersisa dari pandangannya hanya akan menghabiskan waktu sekitar 30 jam di Mississippi," kata Reeves.

"Selama waktu itu, kami mengharapkan curah hujan yang signifikan, hingga empat hingga enam inci di kabupaten barat daya, dan mungkin di beberapa kabupaten Delta barat yang berada di Sungai Mississippi."

Awal pekan ini gubernur mengumumkan keadaan darurat untuk mengantisipasi kerusakan dan mendesak penduduk untuk bersiap menghadapi yang terburuk.

Di Texas, pejabat keselamatan publik mendesak penduduk di seberang pantai untuk bersiap menghadapi cuaca buruk termasuk angin kencang dan banjir setempat. Gubernur mengatakan awal pekan ini bahwa negara bagian telah menyiapkan sumber daya sehingga dapat siap untuk menanggapi.

"Orang Texas yang berada di jalur badai ini harus terus memperhatikan petunjuk dan arahan pejabat lokal, tetap berhati-hati, dan ingat - Berbalik, Jangan Tenggelam," kata Gubernur Greg Abbott dalam siaran pers. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA