Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Pemilu Facebook Hapus Ratusan Akun Buzzer Pendukung Donald Trump

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 10 Oktober 2020, 16:21 WIB
Jelang Pemilu Facebook Hapus Ratusan Akun Buzzer Pendukung Donald Trump
Ilustrasi/Net
rmol news logo Facebook terus melakukan aksi bersih-bersih jelang pemilihan presiden AS 2020.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Terbaru, raksasa media sosial itu mengatakan telah menghapus ratusan profil palsu yang telah dikaitkan dengan kelompok konservatif Turning Point USA karena melakukan serangan terorganisir di situs tersebut, termasuk upaya untuk mempengaruhi percakapan publik dengan membanjiri artikel berita dengan komentar pro-Trump dan informasi yang salah.
Langkah itu dipicu oleh laporan bulan lalu di Washington Post yang melaporkan bahwa Turning Point Action, sebuah grup pro-Trump membayar remaja untuk memposting pesan terkoordinasi di situs tersebut, yang merupakan pelanggaran terhadap aturan Facebook.

Dalam komentar di artikel berita, pengguna bayaran itu meragukan surat suara yang masuk, memuji Trump, dan menyebarkan informasi yang salah tentang virus corona.

Facebook menelusuri profil ini ke sebuah perusahaan komunikasi yang berbasis di Arizona bernama Rally Forge, yang dikatakan bekerja atas nama Turning Point USA.

Dalam sebuah postingan blog , Facebook menyebutkan telah menghapus 276 akun palsu, termasuk 200 akun Facebook dan 76 akun Instagram.

“Komentar dari akun tersebut membahas topik-topik seperti Covid-19, kritik terhadap partai Demokrat dan calon presiden Joe Biden, dan pujian terhadap Presiden Trump dan partai Republik”, kata Facebook, menambahkan bahwa upaya tersebut melanggar kebijakan platform terhadap ‘perilaku tidak autentik terkoordinasi’, seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (10/10).

Profil palsu ini paling sering dikomentari di halaman-halaman Washington Post, Fox News, MSNBC, CNN dan New York Times, kata laporan dari Facebook. Jaringan tersebut awalnya menjadi aktif sebelum pemilihan paruh waktu 2018 dan tidak aktif hingga Juni.

Orang-orang di balik akun tersebut menggunakan foto stok untuk membuat profil palsu, banyak di antaranya telah dihapus oleh perangkat lunak pendeteksi otomatis Facebook dan ditautkan ke Rally Forge.

“Meskipun orang-orang di belakang jaringan ini berusaha untuk menyembunyikan identitas dan koordinasi mereka, penyelidikan kami mengaitkan kegiatan ini dengan Rally Forge,” kata Facebook.

Facebook mengatakan Rally Forge akan dilarang dari platform sebagai akibatnya. Namun, pertanyaan telah diajukan tentang mengapa perusahaan tidak mengambil tindakan terhadap Turning Point USA, meskipun mengidentifikasi bahwa Rally Forge bekerja atas nama organisasi. Turning Point USA masih hadir di Facebook, dengan lebih dari 1,8 juta pengikut.

Turning Point USA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tuduhan tersebut terkait dengan Turning Point Action, sebuah entitas terafiliasi.

"Kesalahan itu telah ditandai dengan tim komunikasi Facebook," katanya. Facebook menolak, mengatakan ada bukti yang menghubungkan keduanya.

Turning Point Action didirikan tahun lalu oleh Charlie Kirk, pendiri Turning Point USA, organisasi nirlaba berbasis di Phoenix yang merekrut mahasiswa untuk mendukung tujuan konservatif. Kelompok itu memposting meme dan video di halaman media sosialnya yang mendukung Trump dan politisi konservatif lainnya. Trump dan putranya Donald Trump Jr juga telah menyampaikan pidato di Turning Point USA atau acara Turning Point Action, paling baru selama kampanye kampanye bulan Juni di Phoenix.

Sementara itu platform Twitter, mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka telah menangguhkan 104 akun yang terkait dengan upaya Iran untuk memperkuat perdebatan atas penembakan George Floyd dan masalah keadilan rasial lainnya di AS.

Platform tersebut mengatakan bahwa dalam beberapa kasus, akun telah dibajak dari pemilik aslinya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA