Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tunggu Arahan Beijing Untuk Buat Kebijakan, Otonomi Hong Kong Kian Dipertanyakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 12 Oktober 2020, 12:55 WIB
Tunggu Arahan Beijing Untuk Buat Kebijakan, Otonomi Hong Kong Kian Dipertanyakan
Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam/Net
rmol news logo Kepala Eksekutif Hong Kong, Carry Lam menunda pidato kebijakan tahunannya sebelum bertemu dengan pejabat Beijing untuk membahas pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

Pidato kebijakan yang harusnya dilakukan pada Rabu (14/10), akan ditunda hingga akhir November karena Lam akan pergi ke Beijing pada bulan ini.

Lam mengatakan, akan membahas berbagai tindakan dengan pemerintah pusat, termasuk beberapa kebijakan yang terkait dengan area Greater Bay, wilayah yang mencakup Hong Kong, Makau, dan sembilan kota di provinsi Guangdong China.

"Ini bukan masalah menunggu arahan," kata Lam pada konferensi pers pada Senin (12/10), seperti dimuat Reuters.

“Ini soal menanggapi indikasi positif dari pemerintah pusat bahwa mereka ingin memperhatikan rekomendasi kepala eksekutif, bahwa mereka benar-benar ingin memfasilitasi langkah-langkah kebijakan tersebut sehingga masyarakat Hong Kong lebih percaya bahwa ekonomi akan bangkit kembali," tambahnya.

Keputusan Lam untuk menunda pidato kebijakan tahunan untuk ke Beijing sendiri menjadi sorotan. Beberapa pihak mempertanyakan kewenangan otonom yang sebelumnya dimiliki oleh Hong Kong.

Terlebih hal ini terjadi setelah Beijing memberlakukan UU keamanan nasional pada Juni yang diduga telah mengurangi kebebasan berpendapat di Hong Kong. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA