Sampai Tak Mampu Bayar Tagihan Air, Pabrik Mobil Audi Di Meksiko Ditutup Paksa

Pabrik mobil Audy/Net

Pihak berwenang di San Jose Chiapa, Puebla memutuskan untuk menutup pabrik mobil Audi pada hari Jumat (9/10) akibat menunggak pembayaran pajak properti dan tagihan air.

Surat kabar El Universal melaporkan, penutupan itu terjadi setelah pihak berwenang yang dipimpin oleh Walikota Partai Morena Arturo Graciel Lopez Velez dan perwakilan Audi gagal mencapai kesepakatan pada rapat negosiasi yabg berlangsung selama beberapa jam. Pabrik itu kemudian langsung ditutup pada Jumat (9/10) malam waktu setempat.

Otoritas lokal mengatakan pabrik, yang mempekerjakan sekitar 7.000 pekerja, berutang 90 juta peso atau setara dengan 4,25 juta dolar AS kepada pemerintah kota.

Didampingi oleh polisi dari San Jose dan tiga kota lainnya, pihak berwenang tiba di pabrik Audi sekitar pukul 16.30 hari Jumat.

Setelah berbicara dengan manajer pabrik selama sekitar satu setengahjam, pihak berwenang menyimpulkan bahwa Audi tidak akan mengakui hutang tersebut dan berusaha memasang stiker 'tertutup' di bagian luar pabrik.

Tetapi penjaga keamanan swasta mencegah mereka melakukannya dengan alasan perwakilan hukum Audi tidak hadir, demikian dilaporkan outlet berita El Heraldo de Mexico. Negosiasi kemudian berlanjut sampai otoritas San Jose Chiapa, didukung oleh polisi yang akhirnya memasang stiker 'tertutup'.

Dalam sebuah pernyataan, Audi Mexico membantah bahwa mereka telah membayar tagihannya, dengan menyatakan bahwa itu adalah perusahaan yang mematuhi semua kewajibannya secara tepat waktu.

“Permintaan yang diterima dari perwakilan Pemkot akan ditinjau dan dievaluasi oleh perusahaan. Audi Mexico mempertahankan kontak dekat dan permanen dengan pihak berwenang dan akan menjadwalkan janji temu untuk klarifikasi masalah ini," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari Mexico Daily News, Senin (12/10).

Perusahaan kemudian mengatakan akan bertemu dengan pihak berwenang di kantor pemerintah negara bagian pada hari Senin (12/10) waktu setempat.

Pabrik yang berdiri di San Jose Chiapa adalah tempat Audi merakit kendaraan Q5, dibuka pada 2016 dan biasanya memproduksi lebih dari 100 ribu mobil setiap tahun. Namun, produksi itu turun 60 persen menjadi lebih dari 36 ribu kendaraan pada paruh pertama tahun ini karena penutupan paksa karena pandemi virus corona.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Sebelum Mbak You, Arief Poyuono Sudah Ramalkan Kalabendu

Jumat, 15 Januari 2021
Video

BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan

Jumat, 15 Januari 2021
Video

RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia

Senin, 18 Januari 2021

Artikel Lainnya

Pidato Perpisahan Donald Trump: Saya Pergi Dari Tempat Megah Ini Dengan Hati Yang Setia Dan Gembira
Dunia

Pidato Perpisahan Donald Tru..

20 Januari 2021 07:52
Irak Tunda Pemilu Hingga Oktober, Aktivis:  Ini Seperti Tusukan Terhadap Tuntutan Kami
Dunia

Irak Tunda Pemilu Hingga Okt..

20 Januari 2021 07:21
Putin Dicurigai Ada Di Balik Kerusuhan Capitol Hill, Hillary Clinton Dan Nancy Pelosi Desak Kongres AS Bentuk Tim Investigasi
Dunia

Putin Dicurigai Ada Di Balik..

20 Januari 2021 06:58
Hitungan Jam Jelang Pelantikan Biden, Washington DC Bagai Kota Hantu Yang Dijaga Tentara
Dunia

Hitungan Jam Jelang Pelantik..

20 Januari 2021 06:33
Pakar Kesehatan Ragukan Target Herd Immunity Covid-19 Korsel
Dunia

Pakar Kesehatan Ragukan Targ..

19 Januari 2021 23:36
Meksiko Siap Suntik 7,4 Juta Dosis Vaksin Sputnik V Pada Akhir Maret
Dunia

Meksiko Siap Suntik 7,4 Juta..

19 Januari 2021 23:10
Maroko Dapat Dukungan 40 Negara Atas Solusi Otonomi Di Sahara
Dunia

Maroko Dapat Dukungan 40 Neg..

19 Januari 2021 23:00
Argentina Diguncang Gempa Berkekuatan 6,8 M, Gubernur Sergio Unac Minta Warga Tetap tenang
Dunia

Argentina Diguncang Gempa Be..

19 Januari 2021 16:53