Sampai Tak Mampu Bayar Tagihan Air, Pabrik Mobil Audi Di Meksiko Ditutup Paksa

Pabrik mobil Audy/Net

Pihak berwenang di San Jose Chiapa, Puebla memutuskan untuk menutup pabrik mobil Audi pada hari Jumat (9/10) akibat menunggak pembayaran pajak properti dan tagihan air.

Surat kabar El Universal melaporkan, penutupan itu terjadi setelah pihak berwenang yang dipimpin oleh Walikota Partai Morena Arturo Graciel Lopez Velez dan perwakilan Audi gagal mencapai kesepakatan pada rapat negosiasi yabg berlangsung selama beberapa jam. Pabrik itu kemudian langsung ditutup pada Jumat (9/10) malam waktu setempat.

Otoritas lokal mengatakan pabrik, yang mempekerjakan sekitar 7.000 pekerja, berutang 90 juta peso atau setara dengan 4,25 juta dolar AS kepada pemerintah kota.

Didampingi oleh polisi dari San Jose dan tiga kota lainnya, pihak berwenang tiba di pabrik Audi sekitar pukul 16.30 hari Jumat.

Setelah berbicara dengan manajer pabrik selama sekitar satu setengahjam, pihak berwenang menyimpulkan bahwa Audi tidak akan mengakui hutang tersebut dan berusaha memasang stiker 'tertutup' di bagian luar pabrik.

Tetapi penjaga keamanan swasta mencegah mereka melakukannya dengan alasan perwakilan hukum Audi tidak hadir, demikian dilaporkan outlet berita El Heraldo de Mexico. Negosiasi kemudian berlanjut sampai otoritas San Jose Chiapa, didukung oleh polisi yang akhirnya memasang stiker 'tertutup'.

Dalam sebuah pernyataan, Audi Mexico membantah bahwa mereka telah membayar tagihannya, dengan menyatakan bahwa itu adalah perusahaan yang mematuhi semua kewajibannya secara tepat waktu.

“Permintaan yang diterima dari perwakilan Pemkot akan ditinjau dan dievaluasi oleh perusahaan. Audi Mexico mempertahankan kontak dekat dan permanen dengan pihak berwenang dan akan menjadwalkan janji temu untuk klarifikasi masalah ini," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari Mexico Daily News, Senin (12/10).

Perusahaan kemudian mengatakan akan bertemu dengan pihak berwenang di kantor pemerintah negara bagian pada hari Senin (12/10) waktu setempat.

Pabrik yang berdiri di San Jose Chiapa adalah tempat Audi merakit kendaraan Q5, dibuka pada 2016 dan biasanya memproduksi lebih dari 100 ribu mobil setiap tahun. Namun, produksi itu turun 60 persen menjadi lebih dari 36 ribu kendaraan pada paruh pertama tahun ini karena penutupan paksa karena pandemi virus corona.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021
Video

RMOL World View • Diplomasi Halal Saat Pandemi

Senin, 08 Maret 2021

Artikel Lainnya

Indonesia Raih Finalis Human City Design Award 2020 Di Korsel
Dunia

Indonesia Raih Finalis Human..

08 Maret 2021 17:48
KDCA: Tak Ada Hubungan Antara Vaksinasi Dan Kasus Kematian Setelah Divaksin
Dunia

KDCA: Tak Ada Hubungan Antar..

08 Maret 2021 15:53
Hari Perempuan Internasional, Perempuan Myanmar Turun Ke Jalan Lawan Kudeta
Dunia

Hari Perempuan Internasional..

08 Maret 2021 15:17
Pangeran Harry Merasa Terjebak Dengan Kerajaan Hingga Bertemu Meghan Markle
Dunia

Pangeran Harry Merasa Terjeb..

08 Maret 2021 14:27
AS Minta Turki Jadi Tuan Rumah Dialog Perdamaian Intra-Afghan
Dunia

AS Minta Turki Jadi Tuan Rum..

08 Maret 2021 13:33
Finlandia: Skema Pengadaan Vaksin Kolektif Uni Eropa Hambat Program Vaksinasi
Dunia

Finlandia: Skema Pengadaan V..

08 Maret 2021 13:08
Korsel Sepakat Tambah Biaya Konstribusi Pasukan AS
Dunia

Korsel Sepakat Tambah Biaya ..

08 Maret 2021 12:41
China Siapkan Pusat Vaksinasi Untuk Suntik Warganya Di Luar Negeri
Dunia

China Siapkan Pusat Vaksinas..

08 Maret 2021 11:45