Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rayakan 40 Tahun Zona Ekonomi Khusus Pertama, Xi Jinping Akan Berpidato Di Shenzhen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 12 Oktober 2020, 17:27 WIB
Rayakan 40 Tahun Zona Ekonomi Khusus Pertama, Xi Jinping Akan Berpidato Di Shenzhen
Presiden China, Xi Jinping/Net
rmol news logo Presiden China, Xi Jinping dijadwalkan untuk menyampaikan pidato peringatan 40 tahun pembentukan zona ekonomi khusus pertama China di Kota Shenzhen.

Begitu yang dilaporkan oleh Kantor berita Xinhua pada Senin (12/10). Namun tidak dijelaskan apa yang akan disampaikan oleh Xi dalam pidatonya.

Dimuat CNA, Xi kemungkinan akan membahas integrasi lebih lanjut dari Greater Bay Area, wilayah yang mencakup Hong Kong, Makau, dan sembilan kota di provinsi Guangdong China, termasuk Shenzhen.

Dalam peringatan tersebut, Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam akan hadir, meski menyebut tidak akan bertemu dengan Xi.

Lam sendiri hadir dengan menunda pidato kebijakan tahunannya. Di mana kebijakan tersebut terkait dengan Greater Bay Area.

Penundaan tersebut membuat beberapa pihak semakin mempertanyakan otonomi yang diberikan Beijing pada Hong Kong. Namun Lam sendiri menyanggah jika ia menunggu arahan dari Xi.

"Ini soal menanggapi indikasi positif dari pemerintah pusat bahwa mereka ingin memperhatikan rekomendasi kepala eksekutif," terang Lam.

Selama ini, Partai Komunis China menyebut Shenzhen sebagai simbol gemerlap kemunculan China sebagai kekuatan ekonomi dunia.

Shenzhen dianggap sebagai salah satu landasan yang memacu petumbuhan pesat China selama empat dekade terakhir.

Pada Minggu (11/10), pemerintah pusat mengumumkan langkah-langkah untuk memberikan Shenzhen kendali yang besar atas penggunaan lahan, untuk mendorong investasi asing di sektor teknologi, sekaligus mengurangi birokrasi dalam energi dan telekomunikasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA