Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Turki Kirim Lagi Oruc Reis Ke Mediterania, Yunani Beri Kutukan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 12 Oktober 2020, 18:09 WIB
Turki Kirim Lagi Oruc Reis Ke Mediterania, Yunani Beri Kutukan
Kapal penelitian Turki, Oruc Reis/Net
rmol news logo Keputusan Turki untuk mengirim kembali kapal penelitiannya, Oruc Reis ke wilayah sengka di Laut Mediterania Timur memicu kemarahan Yunani.

Melalui pernyataan resmi yang dikutip AFP pada Senin (12/10), Kementerian Luar Negeri Yunani mengutuk Turki dengan menyatakan langkah tersebut adalah ancaman langsung bagi perdamaian dan keamanan regional.

Kementerian mencatat, keputusan Turki untuk mengirim kembali kapal ke perairan yang disengketakan menunjukkan Ankara tidak dapat diandalkan.

"Kami meminta Turki untuk menarik kembali keputusannya," lanjut kementerian.

Pada Minggu (11/10), Angkatan Laut Turki mengonfirmasi bahwa pihaknya akan melanjutkan kegiatan penelitian di wilayah cadangan gas hingga 22 Oktober.

"NAVTEX Turki baru pada survei di selatan Kastellorizo di dalam kandas kontinen Yunani, pada jarak hanya 6,5 mil laut dari pantai Yunani, merupakan peningkatan (ancaman) besar,"  kata Kementerian Luar Negeri Yunani,

Pengiriman Oruc Reis ke wilayah sengketa terjadi sepekan setelah Menteri Luar Negeri Yunani, Nikos Dendias bertemu dengan mitranya dari Turki, Mevlut Cavusoglu di Bratislava. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA