Kado Pahit 50 Tahun Hubungan Diplomatik China-Kanada

Ilustrasi/Net

Hubungan diplomatik yang sudah dibangun lama antara Beijing dan Ottawa selama 50 tahun telah mengalami keretakan sejak penahanan Chief Financial Officer (CFO) Huawei, Meng Wanzhou, tahun lalu oleh otoritas Kanada.

Sejumlah analis Tiongkok bahkan mengatakan, semakin lama Kanada menahan Meng, semakin banyak kerusakan yang akan terjadi pada hubungan China-Kanada, dan Kanada akan 'memakan buah pahit' dari hubungan bilateral yang memburuk di banyak bidang termasuk perdagangan.

China dan Kanada hari ini Selasa (13/10) tengah memperingati 50 tahun hubungan diplomatik.

"Pada 13 Oktober 1970, China dan Kanada menjalin hubungan diplomatik. Dalam 50 tahun terakhir, hubungan China-Kanada telah mengalami momentum positif, yang sesuai dengan minat dan harapan orang-orang dari kedua negara," kata Yao Peng, wakil sekretaris jenderal Pusat Studi Kanada dari Akademi Ilmu Sosial China, seperti dikutip dari GT, Selasa (13/10).

"Namun, setelah penangkapan Meng pada 2018, hubungan mereka rusak parah. Mengenai masalah di Laut China Selatan, pembicaraan perdagangan bebas China-Kanada, dan serangan AS terhadap perusahaan teknologi tinggi China, Kanada memilih untuk mengikuti AS atau membuat pernyataan ambigu, yang juga memengaruhi hubungan bilateral," kata Yao.

Meng ditahan di Vancouver pada Desember 2018 setelah Kanada mengindahkan permintaan AS.

"Hasil dari penanganan Kanada atas kasus Meng akan menentukan hubungan China-Kanada di masa depan. Kanada harus mematuhi prinsip diplomatik independen untuk menyingkirkan pengaruh AS dan membuat keputusan yang tepat untuk membebaskan Meng," kata Yao.

Analis lain dari Akademi Ilmu Sosial Tiongkok di Beijing Lu Xiang mengatakan bahwa sejak lama Kanada tunduk pada Amerika Serikat, namun menurutnya itu tak seharusnya merugikan kepentingan negara lain.

"Kanada telah lama tunduk pada AS, yang seharusnya tidak merugikan kepentingan negara ketiga. Menangkap Meng untuk bekerja sama dengan AS dalam menekan perusahaan teknologi tinggi China tidak dapat diterima," kata Lu.

Lu mengatakan kasus Meng bersifat politis tinggi, dan dibuat oleh AS.

"Meng tidak pernah melakukan apa pun yang merugikan kepentingan Kanada, tetapi dua warga Kanada yang ditangkap di China merusak keamanan nasional China. Kedua insiden tersebut tidak memiliki kesamaan, dan tidak boleh disatukan," ungkapnya.

Lu menambahkan bahwa penangkapan Kanada atas Meng telah menghancurkan lingkungan bagi kedua negara untuk memiliki lebih banyak pertukaran.

Pada bulan Juni, dua warga negara Kanada, mantan diplomat Michael John Kovrig, dan kontak intelijennya Michael Peter Todd Spavor, dituntut oleh kejaksaan di Beijing dan Dandong, Provinsi Liaoning Tiongkok Timur Laut, karena memata-matai Tiongkok dan mengumpulkan data intelijen rahasia.

Lu mengatakan Kanada harus menemukan cara untuk menyelesaikan masalah hubungan bilateral saat ini, dan semakin lama Meng ditahan di Kanada, semakin besar kerusakan pada hubungan bilateral.

"Kanada-lah yang akan memakan semua buah pahit dari ikatan yang tegang."

Media Kanada melaporkan bahwa seorang hakim di Kanada telah mendukung mayoritas klaim hak istimewa Kanada atas dokumen yang diminta oleh pengacara Meng.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan pada konferensi pers pada hari Senin (12/10) bahwa Kanada mengklaim pihaknya bersikeras pada apa yang disebut prinsip 'aturan demi hukum', tetapi menolak untuk mengungkapkan rincian lebih lanjut kepada publik.

"Apakah mereka memiliki rahasia yang tidak dapat diungkapkan? Mereka harus setuju untuk mengungkapkan informasi kunci pada kasus Meng agar lebih banyak lagi warga Kanada yang mengetahui tentang kasus tersebut," katanya.

Beberapa diplomat China, termasuk Penasihat Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi, membuat pernyataan publik tentang hubungan China-Kanada, mendesak Kanada untuk mengambil langkah konkret untuk menghilangkan hambatan utama hubungan.

Cong Peiwu, Duta Besar China untuk Kanada, juga mengatakan dalam sebuah artikel di Dewan Bisnis China Kanada pada 10 Oktober bahwa: "Hubungan China-Kanada saat ini berada dalam periode yang agak sulit, untuk alasan yang diketahui semua. Kami berharap Kanada dapat membuat keputusan yang benar secara independen dari perspektif kepentingannya sendiri, dan mengoreksi kesalahannya."

Cong juga mencatat bahwa sejak pembentukan hubungan diplomatik, kerjasama ekonomi dan perdagangan kedua negara telah mencapai hasil yang saling menguntungkan. Pada 2019, mencapai 74 miliar dolar AS, meningkat hampir 500 kali lipat. Selama 20 tahun terakhir, rasio ekspor barang Kanada ke China terhadap total ekspor barangnya secara bertahap meningkat dari 1 persen menjadi sekitar 4 persen.

Meskipun di bawah pengaruh pandemi Covid-19, total ekspor dan impor dengan China mewakili 6,9 persen dari perdagangan barang dagangan global Kanada sepanjang tahun ini. Itu hampir satu persen lebih tinggi dari rata-rata dalam tiga tahun sebelumnya, dan itu adalah rekor tertinggi, menurut data yang dirilis pada 6 Oktober oleh Statistics Canada.

"Data menunjukkan bahwa meskipun kurangnya rasa saling percaya dan sikap keras beberapa politisi Kanada terhadap China, perdagangan bilateral tetap kuat. China dan Kanada memiliki masa depan yang menjanjikan dalam perdagangan, dan begitu hubungan bilateral kembali normal, bisnis akan berkembang," kata Yao.

Analis juga memperingatkan bahwa tanpa menangani kasus Meng dengan benar, semua bentuk pertukaran akan dirugikan.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Presiden Armenia Minta Rakyat Bisa Saling Bergandengan Tangan Hadapi Situasi Pasca Perang
Dunia

Presiden Armenia Minta Rakya..

05 Desember 2020 17:27
Beri Contoh Pada Rakyatnya, Erdogan Siap Disuntik Vaksin Covid-19
Dunia

Beri Contoh Pada Rakyatnya, ..

05 Desember 2020 17:05
Ajudan Senator Republik Georgia Tewas Dalam Kecelakaan Mobil Beruntun, Mike Pence Berduka: Dia Pemuda Yang Luar Biasa
Dunia

Ajudan Senator Republik Geor..

05 Desember 2020 16:47
Undang Aktivis Pro-Demokrasi, Politisi Denmark Kena Amukan China: Jangan Ikut Campur Urusan Hong Kong!
Dunia

Undang Aktivis Pro-Demokrasi..

05 Desember 2020 16:34
Badan Keamanan Lebanon Ungkap Rencana Pembunuhan Sejumlah Tokoh Masyarakat
Dunia

Badan Keamanan Lebanon Ungka..

05 Desember 2020 15:37
Penemuan Luar Biasa Dari Penggalian Kota Pompeii: Harta Karun Orang Romawi Terkaya Bernama Quintus Poppaeus
Dunia

Penemuan Luar Biasa Dari Pen..

05 Desember 2020 15:16
Perang Telah Berakhir, Namun Perjuangan Melawan Stres Pasca-Trauma Baru Saja Dimulai
Dunia

Perang Telah Berakhir, Namun..

05 Desember 2020 14:46
Belasan Penambang Terjebak Tanah Longsor Di Tambang Emas Ilegal Nikaragua
Dunia

Belasan Penambang Terjebak T..

05 Desember 2020 13:48