Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Skandal Hubungan Gelap PM Berejiklian Dengan Anggota Parlemen Daryl Maguire Guncang New South Wales

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 13 Oktober 2020, 09:45 WIB
Skandal Hubungan Gelap PM  Berejiklian Dengan Anggota Parlemen Daryl Maguire Guncang New South Wales
PM Berejiklian dan anggota parlemen Daryl Maguire/Net
rmol news logo Pemerintah New South Wales terguncang setelah terungkapnya skandal hubungan rahasia antara Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian dan mantan anggota parlemen Liberal Daryl Maguire, Senin (12/10).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pengungkapan itu muncul di Komisi Independen Anti Korupsi (ICAC), yang menyelidiki apakah mantan anggota Wagga Wagga itu menggunakan pengaruh politiknya dalam kesepakatan bisnis.

Percakapan pribadi antara keduanya sedang dalam penyelidikan ICAC.

ICAC, yang sedang menyelidiki apakah Maguire berusaha untuk memonetisasi posisinya sebagai anggota parlemen antara tahun 2012 dan 2018, dengan mendengar percakapan telepon yang disadap antara dia dan Berejiklian di mana dia berbicara secara ekstensif tentang lobinya atas nama pengembang. Dia juga berbicara tentang keprihatinannya atas utangnya yang sangat besar, yang menurutnya berjumlah 1,5 juta dolar AS.

Dalam konferensi pers, Berejiklian mengakui hubungannya dengan Maguire. Berejiklian mengatakan kepada ICAC bahwa pasangan itu berada dalam 'hubungan pribadi yang dekat' selama lima tahun.

Dia berkata bahwa dia telah mempercayai Maguire, yang telah dia kenal selama 15 tahun, tetapi dia tidak memberi tahu keluarga atau teman-temannya tentang hubungan mereka karena tidak memiliki 'status yang memadai'.

Kemunculan Berejiklian yang meledak-ledak pada hari Senin di NSW Independent Commission Against Corruption itu membuat kehidupan pribadinya terungkap secara memalukan, reputasi politiknya pun terancam, seperti dikutip dari The Conversation, Selasa (13/10).

Namun, Berejiklian berkali-kali membantah keras bahwa dia telah melakukan kesalahan dengan mempertahankan hubungannya dengan mantan anggota parlemen Daryl Maguire.

Berejiklian juga menolak klaim bahwa dia pasti tahu lebih banyak tentang urusan bisnis Maguire.

"Saya menolak keras asumsi itu," katanya. "Saya selalu bertindak untuk kepentingan terbaik rakyat negara bagian ini, saya tidak melakukan kesalahan apa pun dan masalah yang Anda angkat telah diperiksa oleh badan integritas."

Maguire mundur dari Parlemen pada 2018 setelah dia mengakui dalam penyelidikan ICAC terpisah bahwa dia meminta pembayaran atas kesepakatan dengan pengembang properti China.

Tetapi ICAC mendengar bahwa Berejiklian menjalin hubungan dengan Maguire sejak  tahun 2015 hingga beberapa bulan yang lalu, ketika dia diberi tahu bahwa dia perlu memberikan bukti.

Berejiklian mengatakan aturan tentang kepentingan bisnis anggota parlemen didasarkan pada apa yang ada dalam daftar kepentingan uang.

Jadi siapa Daryl Maguire dan bagaimana dia bisa menjalin hubungan gelap dengan Berejiklian?

Maguire menjabat sebagai anggota NSW untuk Wagga Wagga dari 1999 hingga 2018. Pada Maret 2011, ia diangkat sebagai cambuk di bawah pemerintahan mantan perdana menteri Barry O'Farrell.

O'Farrell sendiri mengundurkan diri sebagai perdana menteri NSW pada tahun 2014 setelah menyesatkan ICAC selama penyelidikan terpisah.

Maguire mundur dari Parlemen Partai Liberal pada Juli 2018 setelah penyelidikan korupsi mendengar rekaman rahasianya membahas komisi potensial dengan anggota dewan lokal dari kesepakatan properti dengan pengembang kaya China.

Dia tercatat bertanya kepada mantan anggota dewan kota Canterbury tentang 'margin' apa yang akan dia dapatkan dari 'penjualan cepat' sebuah situs di Canterbury yang telah disetujui untuk 300 unit.

"1,5 persen tidak cukup dibagi dua, jika Anda tahu apa yang saya maksud?" kata Maguire, seperti dikutip dari 9 News, Selasa (13/10).

Pada bulan Agustus ia mengundurkan diri dari parlemen, memaksakan pemilihan sela di kursinya di Wagga Wagga.

Berejiklian dan Maguire sedang bersama pada saat itu dan perdana menteri harus secara terbuka memecat pria yang menjalin hubungan rahasia dengannya.

Mereka telah membahas hubungan mereka menjadi publik pada 2019. Hubungan itu baru berakhir pada Agustus tahun ini.

Maguire sebenarnya telah menikah dengan Maureen Maguire dan memiliki dua anak. Mereka telah terasing selama beberapa tahun.

Kali ini, Maguire kembali menjadi sorotan karena diduga menyalahgunakan posisinya di kantor publik untuk keuntungan finansial sendiri.

Maguire akan menghadapi sidang ICAC besok. Tim-nya mengatakan dia akan membeberkan bukti-bukti pembelaan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA