Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pidato Kim Jong Un Dalam Perayaan HUT Ke-75 Partai Pekerja Korea

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 13 Oktober 2020, 11:59 WIB
Pidato Kim Jong Un Dalam Perayaan HUT Ke-75 Partai Pekerja Korea
Parade militer memperingati HUT ke-75 Partai Pekerja Korea/KCNA
rmol news logo Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) telah merayakan 75 tahun berdirinya Partai Pekerja Korea yang jatuh pada Sabtu (10/10).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Merayakan hari jadi tersebut, RRDK menggelar parade militer besar-besaran di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang sejak Jumat malam (9/10). Di sana, diperlihatkan sejumlah senjata canggih nan mutakhir buatan dalam negeri.

Dalam kesempatan itu pula, Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un menyampaikan pidatonya.

Berikut ini pidato yang disampaikan oleh Kim dalam Parade Militer untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) Partai Pekerja Korea ke-75.

Semua rakyat, perwira dan tentara negeri, perwira dan tentara dari Pasukan Keamanan Publik, anggota Pengawal Merah Pekerja-Petani dan Pengawal Merah Muda, delegasi untuk perayaan 75 tahun berdirinya Partai Pekerja Korea dan warga Pyongyang yang menyambut liburan Oktober yang penuh gembira,

Perwira dan tentara militer dari unit yang berpartisipasi dalam parade militer yang diadakan untuk merayakan liburan bulan Oktober yang gemilang,

Kamerad yang terhormat!

Ulang tahun berdirinya Partai kita yang mulia telah tiba.

Malam kemuliaan besar telah tiba.

Akhirnya pada malam yang gemilang ini kita menyambut ulang tahun berdirinya Partai tahun ini, yang dihadapi banyak kesulitan yang belum pernah terjadi sebelumnya; Saya tidak tahu kenapa, tapi fakta ini membuat Saya terus mengharukan.

Menyambut peringatan 75 tahun berdirinya Partai besar kita, Saya, atas nama Komite Pusat Partai Pekerja Korea, mengucapkan selamat yang tulus kepada semua orang yang telah memuliakan liburan Oktober ini dengan penuh kehormatan dan kebanggaan.

Saya menyampaikan terima kasih dan salam hangat kepada semua rakyat kami.

Kamerad,

Pada malam liburan besar ini, jalan-jalan di ibu kota dan alun-alun ini begitu indah dan meriah dengan kegembiraan dan penuh kebanggaan, tetapi kita tidak boleh lupa bahwa momen gemilang hari ini sedang dipertahankan oleh banyak anggota Partai, pekerja dan tentara angkatan bersenjata revolusioner kami yang melakukan upaya dan pengabdian tanpa imbalan di seluruh negeri.

Betapa banyak orang yang telah berusaha keras untuk mengatasi keadaan yang sulit tahun ini untuk mewujudkan dan mempertahankan momen gemilang hari ini!

Betapa banyak tantangan yang telah kita atasi untuk sampai sejauh ini!

Secara khusus, tentara militer kami melakukan pengabdian di garis terdepan untuk anti-epidemi dan menghilangkan dampak lanjutan dari bencana alam yang harus kami hadapi tahun ini secara tidak terduga-duga. Pengabdian patriotik dan kepahlawanan mereka hanya bisa dibalas dengan meneteskan air mata syukur.

Mereka akan mengatakan bahwa mempertahankan negara, rakyat, dan revolusi adalah tugas yang melekat pada Tentara Rakyat, tetapi kesulitan yang mereka ambil terlalu besar.

Mereka telah melakukan terlalu banyak tugas dan telah berusaha teramat keras.

Inilah mengapa saya merasa sangat menaruh simpati untuk mereka, dan saya merasakan kesedihan di hati saya karena mereka tidak semua bisa hadir di sini pada malam yang mulia bersama kami.

Pada saat ini, banyak tentara militer kami dengan berani berjuang di garis terdepan anti-epidemi dan di lokasi proyek rehabilitasi yang jauh dari Lapangan Kim Il Sung yang megah ini untuk mempertahankan keamanan negara dan keselamatan rakyat.

Tentara kita menjalankan misinya sebagai kekuatan pendorong pertahanan nasional dengan pujian dalam menghadapi tantangan tak terduga yang ditimbulkan oleh epidemi dan bencana alam, serta ancaman militer oleh kekuatan musuh.

Saya memberikan penghormatan tertinggi untuk kesetiaan dan pengabdian mereka yang penuh semangat kepada negara dan rakyat kita dan terima kasih yang hangat kepada semua tentara militer.

Saya juga menyampaikan semangat militan saya dan terima kasih kepada para pejuang yang paling dapat diandalkan dari divisi anggota Partai Pekerja Korea dari ibu kota, kekuatan pilar kami. Mereka adalah para patriot yang pantas untuk hadir di sini, tetapi mereka menawarkan diri secara sukarela, setelah menyelesaikan tugas mereka dalam proyek rehabilitasi, untuk berpindah ke daerah bencana lain daripada kembali ke Pyongyang di mana ada rumah tinggal mereka tercinta.

Salam militan saya dan terima kasih juga untuk pekerja-pekerja di seluruh negeri.

Saya berharap bahwa hanya kebahagiaan dan kegembiraan akan datang kepada keluarga yang telah menetap di desa baru dan rumah baru setelah menyingkirkan dampak bencana alam, dan keluarga lainnya di seluruh negeri.

Saya berharap mimpi bahagia anak-anak kita akan menjadi kenyataan sepanjang waktu.

Memanfaatkan kesempatan ini, saya memberikan simpati yang tulus kepada semua orang di seluruh dunia yang masih memerangi penyakit yang disebabkan oleh virus ganas, dan berdoa dari lubuk hati yang paling dalam agar kesehatan, kebahagiaan, dan gelak tawa semua orang dijamin.

Saya juga mengirimkan harapan hangat saya ini kepada rekan-rekan sebangsa kita yang terkasih di selatan, dan berharap krisis kesehatan ini akan berakhir secepat mungkin dan hari itu akan tiba ketika utara dan selatan saling bergandengan tangan lagi.

Kamerad.

Kita semua telah berkumpul di alun-alun perayaan Oktober ini dengan keberhasilan dan hasil kerja yang bernilai tinggi, yang telah kita capai dengan semua upaya kita.

Tidaklah mudah bagi kita untuk sampai sejauh ini.

Kita harus berjuang satu demi satu perjuangan yang sulit dan mengatasi tantangan yang tak terhitung jumlahnya.

Meskipun 75 tahun sejarah Partai kita penuh dengan kesulitan, setiap hari dan setiap langkah benar-benar sulit dan berat sejak awal tahun ini khususnya ketika tantangan dan rintangan besar yang tak terduga muncul.

Kami datang ke tempat yang bermakna ini dengan kebanggaan dan kehormatan telah mengatasi semuanya secara berani.

Pertemuan ini, yang akan dikagumi banyak orang dunia, menunjukkan bahwa kita telah mengatasi semua bencana yang mengganggu kita dan menghalangi jalan kita dan bahwa kita telah mencapai dengan sukses tujuan pertempuran kita yang keadilan.

Kamerad yang terhormat,

Hari ini kami menyambut ulang tahun ke-75 berdirinya Partai kami dalam skala besar.

Tidak ada negara lain di dunia yang akan merayakan hari berdirinya partai sebagai hari libur bahagia dan acara besar yang membawa gembira bagi semua rakyatnya seperti yang dilakukan negara kita.

Saat saya berdiri di sini malam ini, yang penuh emosi dan menyenangkan dan penuh dengan kegembiraan besar dari semua orang kita, saya dalam pikiran susah bahwa harus berkata apa terlebih dahulu kepada seluruh rakyat.

Saya memikirkan apa yang akan saya katakan pertama kali saat ini, ketika kita akan melihat kembali setiap halaman dari sejarah 75 tahun Partai kita yang dipenuhi dengan kemuliaan, tetapi kata yang tulus dan tulus untuk rakyat kita hanyalah satu, “terima kasih”.

Pertama-tama, saya berterima kasih kepada seluruh rakyat karena sehat dan bebas dari penyakit.

Saya ingin mengatakan kata ini semestinya.

Saya berterima kasih kepada mereka atas kesehatan mereka yang baik tanpa ada satu pun dari mereka yang menjadi korban virus ganas itu.

Fakta bahwa kita telah melindungi semua rakyat kita dari penyakit epidemi berbahaya yang melanda seluruh dunia dapat dikatakan sebagai tugas alamiah dan kesuksesan Partai kita.

Bagaimanapun, saya tersentuh oleh kesuksesan ini, dan ketika saya melihat penampilan semua orang yang sehat, saya tidak dapat menemukan kata lain selain terima kasih.

Kemenangan hari ini yang mengejutkan dunia dengan kekaguman adalah kemenangan besar yang diraih oleh rakyat kita sendiri.

Bagi Partai kita, nyawa setiap rakyat kita lebih berharga dari apapun, dan kesehatan mereka yang baik berarti keberadaan Partai kita, negara dan segala sesuatu di negeri ini.

Akan tetapi, di dunia ini, ada terlalu banyak unsur tidak stabil yang mengancam dan berusaha merusak kehidupan yang berharga dari rakyat kita.

Jadi sebenarnya, di awal tahun ini, saya memiliki kekhawatiran dan ketakutan yang besar karena mulai dari krisis kesehatan dunia dan situasi yang tidak menguntungkan di sekitar kita.

Namun, rakyat kami bangkit berdiri dan dengan dukungan mutlak dan kepercayaan pada tindakan yang diambil oleh Partai dan negara, tidak hanya menjaga takdir mereka dengan tegas tetapi juga dengan berani mengatasi kesulitan dan tantangan berat dengan semangat tinggi.

Tetapi jika orang-orang luar biasa ini yang khawatir, peduli dan melindungi satu sama lain tidak ada dan jika masyarakat sosialis, di mana orang-orang ini hidup dalam kerjasama dengan rasa patriotisme yang tinggi dan kesadaran diri yang tinggi, tidak akan mengelak dari bencana yang mengerikan itu.

Karena semua rakyat kita menjadi satu dalam perjuangan untuk mempertahankan negara mereka, diri mereka sendiri dan anak-anak mereka, ini menjadi kekuatan motif kerja anti-epidemi atas kemauan mereka sendiri, sektor anti-epidemi negara yang terbelakang dan kekurangan dalam segala hal bisa direvitalisasi, dan stabilitas anti-epidemi yang tidak dapat dibayangkan oleh orang lain dapat dipertahankan.

Sangat bersyukur dan membesarkan hati bagi saya bahwa semua orang hidup dalam keluarga besar yang harmonis meskipun kehidupan belum makmur dan mereka sehat bahkan tanpa salah satu dari mereka menjadi korban virus jahat.

Tidak ada rakyat yang bersyukur di dunia ini selain rakyat kita yang benar-benar memahami situasi sulit yang dihadapi negara dan mengatasinya menganggap sebagai urusan rumah tangga sendiri.

Di planet ini saat ini, negara kita adalah satu-satunya negara yang dihadapkan pada tantangan dan kesulitan besar, seperti menghadapi darurat anti-epidemi dan memulihkan diri dari bencana alam yang dahsyat, ketika semuanya kekurangan pasokan karena sanksi yang keras dan berkepanjangan.

Semua kesulitan ini merupakan beban dan penderitaan yang berat bagi setiap keluarga dan setiap warga di negara kita.

Namun, rakyat kita adalah para patriot yang menempatkan urusan nasional di atas urusan keluarga mereka, berbagi setiap kesulitan yang dialami oleh negara dengannya, dan dengan tegas mendukung negara mereka dengan keringat dan upaya yang tulus.

Itulah mengapa Partai kita melawan segala macam kesulitan nasional dengan mempercayai dan mengandalkan rakyat, yang selalu menjadi satu jika Partai menjelaskan situasi kesulitan negara.

Rakyat kita selalu berterima kasih kepada Partai kita, tetapi tidak lain adalah diri mereka sendirilah yang pasti pantas mendapatkan terima kasih.

Selama 75 tahun terakhir, rakyat kita telah mendukung Partai dengan sepenuh hati dan membela tujuan revolusioner suci kami dengan mencurahkan keringat dan bahkan darah mereka tanpa ragu.

Rahasia bagaimana Partai kita, yang telah mengikuti jalan revolusioner yang paling sulit dan penuh dengan tantangan, telah menghiasi jalan berdarah ini dengan kemenangan dan kemuliaan adalah bahwa rakyat kita telah dengan tulus mempercayai dan mendukung Partai dan mempertahankan perjuangan Partainya.

Tak seorang pun dapat memikirkan tentang satu momen pun dari sejarah 75 tahun Partai kita yang gemilang tanpa rakyat hebat kita, pencipta sejarah yang mahakuasa. Mereka selalu memberinya kebijaksanaan dan sumber daya sebagai mentor yang bijaksana, menanamkannya dengan kekuatan dan keberanian yang tidak ada habisnya, mempertahankannya dengan mengorbankan nyawa mereka, mendukungnya dengan tulus dan memjadikan rencana dan garisnya jadi kenyataan.

Ketika negara meminta mereka untuk membawa kebangkitan besar, rakyat hebat meresponnya dengan keberanian Chollima; ketika memetakan operasi untuk konstruksi besar, mereka meresponnya dengan kampanye kecepatan; dengan demikian mereka menerjemahkan keputusan Partai tanpa gagal melewati api dan air. Karena rakyat hebat ini selalu bersama Partai kita, Partai selalu teguh dan mampu mencatat keajaiban dalam sejarah negeri ini, apa pun kesulitannya.

Melihat gambaran orang-orang kita yang telah memenangkan kemenangan untuk liburan besar bulan Oktober mengatasi segala macam kesulitan dengan kesetiaan yang tak terbatas dan pengabdian berbakti, semangat juang yang gigih dan usaha yang tulus, saya merasa dengan sangat bangga kekuatan yang mahakuasa yang akan mengikuti dan membela Partai selama 75 tahun lagi, bahkan 750 tahun, dan bahkan 7500 tahun.

Kamerad.

Rakyat kita telah menaruh kepercayaan, setinggi langit dan sedalam laut, kepada saya, tetapi saya gagal untuk selalu menjalaninya dengan memuaskan. Saya sangat menyesal untuk itu.

Meskipun saya dipercayakan dengan tanggung jawab penting untuk memimpin negara ini menjunjung tinggi perjuangan Kamerad Agung Kim Il Sung dan Kim Jong Il berkat kepercayaan semua orang, upaya dan ketulusan saya belum cukup untuk membebaskan rakyat kita dari kesulitan dalam hidup mereka.

Rakyat kita, bagaimanapun, selalu percaya dan benar-benar mempercayai saya, dan mendukung pilihan dan tekad saya, apapun itu.

Meskipun itu mungkin berarti lebih penderitaan, kepercayaan rakyat kita kepada saya dan Partai kita selalu begitu mutlak dan teguh.

Kepercayaan dan dorongan yang tulus dan tulus seperti itu adalah kekayaan paling berharga bagi saya, yang tidak dapat ditukar dengan kemasyhuran dan jutaan ton emas, dan kekuatan yang tidak ada habisnya yang mendorong saya untuk tidak takut dan tidak tahu ketidakmungkinan.

Dengan kepercayaan terbesar yang tidak dapat diharapkan oleh siapa pun di dunia ini, saya telah mampu menghadapi tanpa ragu-ragu segala macam tantangan mengingat misi dan kemauan untuk melakukan upaya tanpa pamrih, berdedikasi untuk kebaikan rakyat dan telah mampu terjun ke dalam pertempuran mematikan yang bahkan harus bersiap untuk perang, dan tanpa kompromi telah mampu mengatasi bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah.

Saya akan menganggap sebagai sebuah kehormatan tertinggi untuk memiliki, melayani dan berjuang untuk rakyat yang begitu luar biasa.

Saya dengan sungguh-sungguh bersumpah sekali lagi di tempat ini bahwa saya akan memenuhi kepercayaan rakyat kita tanpa gagal walaupun tubuh saya bahkan tercabik-cabik dan hancur berkeping-keping dalam jalan mempertahankan kepercayaan besar mereka dan bersumpah bahwa saya akan tetap setia pada kepercayaan itu.

Rakyat kita semua yang terhormat di seluruh negeri dan para hadirin.

Terima kasih banyak.

Saya mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Anda dengan rasa hormat yang rendah hati bersama dengan hati Kamerad Kim Il Sung dan Kim Jong Il.
Kamerad.

Ini adalah Partai kami dan misi pertama dan terpenting saya serta keinginan teguh untuk dengan tegas membela rakyat kita, menjaga mereka dengan rasa hormat yang lebih besar, dan membuat mereka menjalani hidup bahagia tanpa iri apa pun.

Partai kita telah membangun kemampuan militer terkuat untuk menjaga perdamaian, yang dapat digunakan untuk membela sosialisme, martabat dan garis hidup rakyat kita, dan untuk membuat rakyat kita menikmati manfaat dari kemakmuran generasi demi generasi di tanah ini, bebas selamanya dari perang.

Barisan parade militer hari ini yang berbaris dengan susunan yang gagah akan dengan jelas menunjukkan bagaimana Partai Pekerja Korea telah melatih pasukan revolusionernya dan betapa kuatnya kekuatan tentara itu.

Seperti yang akan dilihat semua orang dengan jelas hari ini, membandingkannya dengan parade militer yang diadakan di tempat ini untuk merayakan ulang tahun ke-70 berdirinya Partai Pekerja Korea lima tahun yang lalu, modernitas pasukan militer kita telah meningkat pesat dan siapa pun dapat dengan mudah menebak laju kecepatannya pengembangannya.

Kami memiliki kontingen besar yang kuat yang terdiri dari personel yang setia dan kompeten di sektor ilmuan dan teknologi pertahanan dan pekerja di industri amunisi, yang dilengkapi dengan kuat dengan ideologi revolusioner Partai kita dan benar-benar hanya melayani kepentingan revolusi mereka.

Kemampuan militer kita telah berkembang dan berubah sedemikian rupa sehingga tidak ada yang ingin menyentuh atau sejajar dengannya.

Kita telah membangun alat penangkal yang dapat kita gunakan untuk mengendalikan dan mengelola ancaman militer yang kami hadapi atau mungkin dihadapi dengan memuaskan.

Kemampuan militer kami berubah dalam laju pertumbuhannya dan dalam kualitas dan kuantitasnya dengan gaya kita sendiri dan sesuai dengan kebutuhan dan jadwal kita.

Partai kita mendefinisikan kemampuan militer yang bisa mengalahkan terlebih dahulu kekuatan-kekuatan yang mungkin berani mengancam atau melanggar hak atas kemerdekaan dan keberadaan negara dan rakyat kita sebagai kemampuan pertahanan nasional yang paling terjamin dan terkuat. Dan telah melakukan segala upaya untuk memiliki kekuatan militer yang dapat mencapai tujuan itu dan saat ini pun sedang mencapai target yang ditingkatkan secara kesinambungan.

Kami akan terus memperkuat penangkal perang, sarana pertahanan diri yang benar, untuk menahan dan mengendalikan semua upaya berbahaya dan tindakan intimidasi oleh kekuatan musuh, termasuk ancaman nuklir mereka yang berkelanjutan dan memperbesar.

Alat penangkal perang kita, yang dimaksudkan untuk mempertahankan hak atas kemerdekaan dan keberadaan negara kita serta menjaga perdamaian di kawasan, tidak akan pernah disalahgunakan atau digunakan untuk serangan pendahuluan. Tetapi, jika, jika ada kekuatan yang melanggar keamanan negara kita dan mencoba menggunakan kekuatan militer untuk melawan kita, saya akan mengerahkan semua kekuatan serangan terkuat kita secara pendahuluan untuk menghukum mereka.

Saya tidak pernah ingin kekuatan militer kita membidikkan orang lain.

Kami ingin mengklarifikasi bahwa alat penangkal perang kami dikembangkan bukan untuk menbidikkan kepada lainnya.

Kami mengembangkannya untuk mempertahankan diri.

Jika kita tidak memiliki kekuatan kita sendiri, kita hanya harus menghapus aliran air mata dan darah dengan kepalan tangan anda.

Partai kita, dengan kekuatan militer yang kuat, akan menjamin kedaulatan negara dan keamanan yang mengandalkan di wilayahnya dan menjaga keamanan abadi, perdamaian dan masa depan negara dan rakyat.

Kamerad,

Berkat angkatan bersenjata revolusioner kita yang dilengkapi dengan ideologi revolusioner dari Partai Pekerja Korea, kesetiaan tak terbatas dan bakti kepada negara dan rakyat serta senjata mutakhir yang dibumikan dengan kekuatan dan jiwa rakyat kita, kekuatan agresif apa pun tidak akan pernah bisa mengukur-ukur untuk menyentuh negara suci kita atau berani menghalangi kemajuan rakyat Korea.

Apa yang tersisa sekarang adalah memastikan bahwa rakyat kita menikmati kehidupan yang cukup dan beradab dengan bebas dari kesulitan lagi.

Partai kita akan selalu mengelola dan tanpa henti memperluas kebijakan dan langkah-langkah yang menguntungkan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memberikan lebih banyak manfaat bagi mereka, dan sedini mungkin membawa masyarakat ideal kemakmuran yang dimimpikan oleh rakyat kita.

Berbagi takdir dengan rakyat dalam menghadapi tantangan berat dan mengalami kekuatan persatuan rakyat kita sampai sekarang, Partai kita telah mengetahui dengan baik apa yang harus dilakukannya di masa depan.

Kongres Kedelapan Partai Pekerja Korea akan mengajukan rencana dan target rinci untuk mengimplementasikan itu, dan perjuangan Partai kami untuk memberikan kebahagiaan kepada rakyat akan berkembang ke tahap baru.

Semakin jauh kita berkembang, semakin merajalela aksi kekuatan musuh segala macam, dan lebih banyak tantangan tak terduga kita mungkin dihadapi.

Namun, mereka tidak akan berarti apa-apa dibandingkan dengan apa yang telah kami alami sampai sekarang dan kami memiliki kekuatan dan kepercayaan diri untuk mengatasi semuanya.

Persatuan sepenuh hati antara Partai dan massa rakyat yang terkonsolidasi dalam perjalanan perjuangan panjang dan kekuatan bakat dan aset untuk kemandirian yang disediakan oleh sosialisme kita - ini pasti akan menjadi kekuatan yang kuat yang mendorong dan mempercepat kemajuan kita.

Partai dan rakyat kita, yang telah mencapai segala sesuatu yang orang lain tidak akan berani untuk mencoba dengan mengatasi segala macam tantangan dan kesulitan yang tak terukur yang tidak pernah dialami orang lain, akan memulai kemajuan menuju ke perkembangan baru dan kemakmuran dengan keberanian dan kepercayaan diri yang lebih besar, semangat dan kesiapan yang luar biasa.

Saya akan memastikan bahwa semua organisasi Partai, pemerintah dan kekuasaan serta organisasi militer membuat sasaran semakin tinggi pada diri mereka sendiri, mengerahkan upaya keras dan bekerja dengan ketulusan untuk rakyat kita dan untuk membawa hari esok yang lebih baik bagi mereka.
Cita-cita rakyat kita luar biasa, dan hari yang cita-cita itu terwujud pasti akan datang.

Saya akan mengarahkan semua upaya saya untuk mewujudkan cita-cita besar ini sehingga merealisasikan inovasi, pengembangan dan perubahan substansial yang dapat dirasakan semua orang dalam perjuangan untuk mencapai target yang lebih tinggi untuk konstruksi sosialis.

Kamerad, kami telah menjadi kuat dan sedang lebih kuat di tengah tantangan.

Waktunya ada di pihak kita.

Marilah kita semua maju dengan penuh semangat menuju masa depan sosialisme yang cerah, menuju kemenangan baru!

Terakhir, saya sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada semua rakyat kami yang selalu dalam keadaan sehat dan bebas dari penyakit apa pun.

Dan saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mereka karena selalu mempercayai Partai kita.

Hiduplah rakyat hebat kita!
rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA