Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Djauhari: Tujuan Kita Untuk Jadikan Indonesia Sebagai Pusat Produksi Vaksin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 13 Oktober 2020, 14:43 WIB
Dubes Djauhari: Tujuan Kita Untuk Jadikan Indonesia Sebagai Pusat Produksi Vaksin
Dutabesar RI untuk China, Djauhari Oratmangun dalam Dialog Jalan Sutra pada Selasa, 13 Oktober 2020/RMOL
rmol news logo Diplomasi yang tengah gencar dilancarkan oleh pemerintah Indonesia ke berbagai negara bukan semata-mata hanya untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Lebih jauh, Dutabesar RI untuk China, Djauhari Oratmangun menyebut, tujuan Indonesia adalah menjadi pusat pembuatan vaksin di kawasan, bahkan dunia.

Berbicara dalam diskusi virtual Dialog Jalan Sutra bertajuk "Buka-bukaan Hubungan Indonesia-China" pada Selasa (13/10), Djauhari mengatakan, kerja sama yang dilakukan oleh Indonesia melibatkan transfer of technology.

"Jadi at the end of the day, kita ingin menjadikan Indonesia itu sebagai pusat pembuatan juga, untuk kawasan-kawasan lainnya," kata Djauhari.

Menyoroti kerja sama antara Sinovac dan Bio Farma, ia juga mengatakan, kedua belah pihak telah melakukan pembahasan rinci mengenai produksi vaksin Covid-19.

Bio Farma sendiri merupakan perusahaan pembuat vaksin polio terbesar di dunia yang sudah berusia 130 tahun. Sehingga, Djauhari menjelaskan, memproduksi vaksin Covid-19 atau vaksin lainnya bukan hal yang aneh bagi mereka.

"Dari pihak sini juga Sinovac sudah berkunjung tiga atau empat minggu lalu ke Bio Farma di Indonesia. Mereka sudah bahas pembahasan yang detail," terang Djauhari.

"Kita ingin jadikan indonesia sebagai pusat pembuatan vaksin. Tidak hanya untuk vaksin Covid tetapi vaksin-vaksin yang lain juga," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA