Farah.ID
Farah.ID

Fauci Merasa Dilecehkan, Tegur Tim Kampanye Trump Yang Telah Mengedit Pernyataannya

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 14 Oktober 2020, 09:56 WIB
Fauci Merasa Dilecehkan, Tegur Tim Kampanye Trump Yang Telah Mengedit Pernyataannya
Pakar penyakit menular Anthony Fauci/Net
Ketegangan antara Anthony Fauci dan Presiden AS Donald Trump meningkat lagi setelah pakar penyakit menular terkemuka itu menegur kampanye Trump yang menurutnya di luar konteks. Fauci meminta tim kampanye Trump segera menghapus iklan baru yang menampilkan komentarnya yang akan menjurus pada salah persepsi.

Iklan yang dirilis pada minggu lalu, tak lama setelah presiden meninggalkan Rumah Sakit Militer Walter Reed, tidak hanya berisi tanggapan presiden terhadap virus. Namun juga berisi pujian Trump terhadap dirinya sendiri yang berhasil mengalahkan virus serta menyertakan klip Fauci yang telah diedit yang membuatnya tampak seolah-olah memuji cara Trump menanggapi pandemi Covid-19.

Pada menit ke-30, terdengar Fauci berkata, "Saya tidak bisa membayangkan ada orang yang bisa berbuat lebih banyak."

Fauci mengatakan bahwa pernyataannya yang dikutip di video kampanye Trump itu adalah pernyataannya pada sebuah wawancara di bulan Maret, yang merujuk pada sesama anggota satuan tugas virus corona Gedung Putih dan pejabat kesehatan masyarakat lainnya.

"Dalam hampir lima dekade pelayanan publik, saya tidak pernah secara terbuka mendukung kandidat politik mana pun," ujar Fauci menerangkan duduk persoalannya.
"Komentar yang diatribusikan kepada saya tanpa izin saya dalam iklan kampanye itu diambil di luar konteks dari pernyataan luas yang saya buat beberapa bulan lalu tentang upaya pejabat kesehatan masyarakat," kata Fauci dalam sebuah pernyataan Minggu, seperti dikutip dari Fox News, Selasa (13/10).

Selama wawancara dengan Jake Tapper dari CNN keesokan harinya, Fauci mengatakan menurutnya kampanye tersebut harus menghapus iklan tersebut.

"Saya pikir sangat disayangkan dan sangat mengecewakan mereka melakukan itu," kata Fauci.

"Sangat jelas bahwa saya bukan orang politik, dan saya tidak pernah secara langsung atau tidak langsung mendukung seorang kandidat politik, dan untuk mengambil pernyataan yang sepenuhnya di luar konteks dan memasukkannya ke dalam iklan kampanye politik. Saya pikir, benar-benar sangat mengecewakan," kata Fauci, seperti dilaporkan The Hill.

Teguran dari Fauci datang ketika presiden telah berulang kali mencampuri pengambilan keputusan di Food and Drug Administration dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Trump juga mengecam kepala agensi tersebut, merusak pesan publik mereka.

Komentar Fauci, bagaimanapun, menandai kedua kalinya dalam beberapa minggu dia secara terbuka menjauhkan diri dari Trump.

Selama debat presiden pertama, pada 29 September, Trump menyatakan bahwa pejabat kesehatannya telah berubah pikiran tentang manfaat masker selama pandemi, dengan catatan bahwa CDC tidak selalu merekomendasikan penggunaan penutup wajah.

"Fauci mengatakan sebaliknya. Dia dengan sangat tegas mengatakan masker itu tidak baik, dan kemudian dia berubah pikiran. Dia mengatakan masker itu bagus," kata Trump.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA