Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puji Kemajuan Shenzhen, Xi Jinping: Dari Desa Nelayan Kecil Jadi Kota Metropolitan Modern

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 14 Oktober 2020, 13:26 WIB
Puji Kemajuan Shenzhen, Xi Jinping: Dari Desa Nelayan Kecil Jadi Kota Metropolitan Modern
Presiden China, Xi Jinping/Net
rmol news logo Presiden China, Xi Jinping memberikan pujian bagi kots Shenzhen, yang berada di selatan negara tersebut. Ia mengatakan, Shenzhen berhasil melakukan reformasi dalam waktu yang sangat cepat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berbicara dalam pidato memperingati 40 tahun Zona Ekonomi Khusus (SEZ) di Shenzhen pada Rabu (14/10), Xi menyebut Shenzhen adalah kota pertama yang menerapkan lebih dari 1.000 langkah reformasi.

"Shenzhen hanya membutuhkan 40 tahun untuk mencapai apa yang akan membutuhkan waktu seratus tahun agar mewujudkan kota metropolitan global lainnya, yang merupakan keajaiban dalam sejarah dunia," kata Xi, seperti dikutip CGTN.

Sejak 1980 hingga 2019, Xi menuturkan, PDB Shenzhen naik dari 270 juta yuan menjadi 2,7 triliun yuan, dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata hingga 20,7 persen.

"(Shenzhen) berubah dari desa nelayan kecil menjadi kota metropolitan modern selama empat dekade terakhir," sambungnya.

Pada periode yang sama, pendapatan fiskal kota juga naik, awalnya kurang dari 100 juta yuan menjadi 942,4 miliar yuan.

Total impor dan ekspir juga naik signifikan. Dari 18 juta dolar AS pada 1980, menjadi 431,5 miliar dolar AS pada 2019. Tingkat pertumbuhan rata-rata sendiri mencapai 26,1 persen.

Sejak SEZ diberlakukan, Shenzhen menerapkan strategi "datang" dan "keluar", dengan memanfaatkan pasar dan sumber daya domestik serta internasional sembari aktif menarik investasi global.

Dalam membangun ekonomi, SEZ Shenzhen, kata Xi juga tetap aktif mempromosikan kemajuan budaya dan ideologi, serta menerapkan nilai-nilai inti sosialis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA