Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soroti Kebijakan Due Diligence, Menlu Retno Minta Inggris Duduk Bareng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 15 Oktober 2020, 08:54 WIB
Soroti Kebijakan <i>Due Diligence</i>, Menlu Retno Minta Inggris Duduk Bareng
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyoroti rencana Inggris untuk memberlakukan kebijakan due diligence yang akan mempengaruhi komoditas pertanian Indonesia.

Retno juga membahas kekhawatiran Indonesia tersebut dalam pertemuan bilateralnya dengan Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab saat melakukan kunjungan ke London pada Rabu (14/10).

"Saya menyatakan kekhawatiran Indonesia terhadap rencana Inggris memberlakukan tindakan due diligence untuk beberapa komoditas pertanian, termasuk kelapa sawit, kopi, kayu, dan produk kayu," kata Retno dalam konferensi pers pada Rabu malam.

Due diligence atau uji tuntas merupakan penyelidikan dan penilaian atas dipenuhinya berbagai kriteria yang menjadi persyaratan dalam proses sertifikasi produk.

Sehingga, Retno menyebut, kebijakan itu berpotensi menjadi hambatan non-tarif bagi ekspor Indonesia ke Inggris.

Sebagai mitra dagang keempat terbesar dan mitra investasi kedua terbesar dari Eropa untuk Indonesia, Inggris pun diminta untuk membahas kemungkinan pembuatan kebijakan untuk menjaga arus barang satu sama lain.

"Saya menyarankan agar kita duduk dan membahas kemungkinan pembuatan mutual recognition dan kebijakan yang telah dimiliki masing-masing mengenai supply chain sustainability," pungkas Retno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA