Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Ekspor Kopi Indonesia, KBRI Moskow Temui Importir Terkemuka Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 16 Oktober 2020, 12:05 WIB
Tingkatkan Ekspor Kopi Indonesia, KBRI Moskow Temui Importir Terkemuka Rusia
Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Azis Nurwahyudi saat bertemu dengan para importir kopi terkemuka di Rusia/Ist
rmol news logo Sebagai salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia, Indonesia melalui perwakilan di berbagai negara terus melakukan promosi. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan oleh Kedutaan Besar RI di Moskow kemarin, Kamis (15/10).

Tim KBRI Moskow yang dipimpin oleh Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Azis Nurwahyudi menggelar pertemuan dengan para importir kopi terkemuka Rusia di Moskow.

Dengan format makan siang, pertemuan informal tersebut menghadirkan lima perwakilan dari tiga importir specialty coffee Rusia, yaitu Traveler’s Coffee, Tea Company No.1 dan Cezve Coffee.

Dalam sambutannya, Azis mengungkapkan targetnya untuk menjadikan Indonesia sebagai lima besar negara eksportir kopi ke Rusia pada 2021.

“Rusia merupakan pengolah kopi terbesar di seluruh kawasan Eurasia dengan peningkatan konsumsi kopi hampir 100 persen dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Sementara specialty coffee Indonesia sangat variatif karena didukung oleh kondisi geografis dan iklim yang unik. Oleh karena itu potensi specialty coffee Indonesia di Rusia masih sangat besar," ujar Azis dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi pada Jumat (16/10).

Melalui pertemuan tersebut, para importir kopi Rusia mengurai kelebihan dan kekurangan kopi Indonesia, termasuk berbagai saran untuk meningkatkan ekspor.

Alexandra Matveeva dari Traveler’s Coffee mengatakan, kopi dari Sumatra saat ini paling digemari oleh warga Rusia, Namun perusahaan atau supplier Indonesia harus lebih proaktif membangun hubungan dengan importir untuk mengenalkan berbagai jenis kopi lainnya.

Di akhir pertemuan, Azis juga mengundang ketiga importir specialty coffee tersebut untuk berpartisipasi dalam Festival Kopi Indonesia Moskow ke-2 pada 29 Oktober 2020 di Moskow.

Menurut data Russian Federal Customs, pada 2019 Indonesia merupakan pengekspor kopi terbesar ke-7 di Rusia dengan total nilai sebesar 20,15 juta dolar AS atau naik 119,5 persen dibanding tahun 2018. Komposisi ekspor kopi Indonesia ke Rusia terdiri atas Robusta sebesar 73 persen dan Arabika 27 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA