Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Beri Peringatan Kanada Untuk Tidak Beri Suaka Politik Pada Para Pengunjuk Rasa Hong Kong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 16 Oktober 2020, 13:25 WIB
China Beri Peringatan Kanada Untuk Tidak Beri Suaka Politik Pada Para Pengunjuk Rasa Hong Kong
Dutabesar China untuk Kanada, Cong Peiwu/Net
rmol news logo Perselisihan antara Kanada dan China semakin meluas dan melibatkan para pengunjuk rasa di Hong Kong.

Berbicara dalam konferensi video yang dikutip pada Kamis (15/10), Dutabesar China untuk Kanada, Cong Peiwu mendesak Ottawa untuk tidak memberikan suaka politik kepada para pengunjuk rasa Hong Kong.

"Kami sangat mendesak pihak Kanada untuk tidak memberikan apa yang disebut sebagai suaka politik kepada para penjahat kekerasan di Hong Kong," kata Peiwu seperti dikutip dari Canadian Press.

Peiwu mengatakan, jika Kanada memang tertarik dengan keselamatan dan kesejahteraan penduduk Hong Kong, termasuk sekitar 300 ribu warga negara Kanada, maka Ottawa harus mendukung hukum dan ketertiban di kota tersebut.

Sejauh ini, Kanada sendiri belum secara terbuka membahas kebijakan terkait dengan pemberian suaka kepada para pengunjuk rasa Hong Kong.

Namun Australia dan Inggris sebagai mitra Kanada sudah menawarkan tempat berlindung yang aman bagi penduduk Hong kong.

Persoalan pengunjuk rasa Hong Kong diperkirakan akan ikut menambah masalah dalam hubungan Kanada dan China yang saat ini pun tengah dilanda ketegangan.

Hubungan Ottawa dan Beijing mulai meregang ketika pihak berwenang Kanada menahan CFO Huawei, Meng Wanzhou pada 2018 atas permintaan Amerika Serikat (AS). China pun membalasnya dengan menangkap dua warga negara Kanada atas tuduhan spionase.

Hubungan yang tegang semakin diperburuk oleh kecaman Kanada terhadap UU Keamanan Nasional yang diberlakukan China baru-baru ini kepada Hong Kong. Menyusul beberapa penangguhan perjanjian bilateral antara Kanada dan Hong Kong. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA