Farah.ID
Farah.ID

Tampil Jauh Lebih Tenang Di Balai Kota, Biden Janjikan Kepemimpinan Yang Belum Pernah Dilakukan Trump

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 17 Oktober 2020, 05:49 WIB
Tampil Jauh Lebih Tenang Di Balai Kota, Biden Janjikan Kepemimpinan Yang Belum Pernah Dilakukan Trump
Kandidat presiden dari Demokrat Joe Biden saat berada di Balai Kota menemui pendukungnya Kamis 15 Oktober 2020/Net
Kandidat presiden dari Partai Demokrat telah tampil memikat dalam acara pertemuannya dengan para pendukung di Balai Kota pada Kamis (15/10). Karena debat putaran kedua dibatalkan, maka Joe Biden telah mengatur acara pertemuan dengan para pendukungnya di balai kota yang disiarkan ABC News.

Tdak diduga, NBC News kemudian mengumumkan bahwa Presiden Trump juga akan mengudara dalam acara pertemuan dengan pendukungnya pada waktu yang sama.
Dua tokoh calon presiden AS akhirnya  sama-sama berada di Balai Kota pada Kamis (15/10) di jam yang hampir sama, namun dengan agenda dan jaringan yang berbeda.

Kondisi ini membuat pemirsa harus memilih apakah akan menonton siaran Biden atau Trump, melihat calon presiden dari Demokrat atau melihat sang petahana, dan apakah lebih menyukai siaran yang lebih tertib atau siaran yang lebih banyak berisi interupsi yang membuat tekanan darah mereka meningkat.

NBC News juga mendapat banyak kritikan karena membuat acara yang bersamaan dengan acara ABC News.

Namun, di luar itu semua, penampilan Biden di jaringan ABC News di hadapan penontonnya adalah kesempatan baik di mana dia bisa memanfaatkan waktunya sendiri tanpa harus ada lawan yang terus-terusan melakukan interupsi dan memotong perkataannya.

Para pendukung Biden di Pennsylvania di mana acara dilakukan, bebas mengajukan pertanyaan kepada kandidat dari Demokrat itu.

Selama acara eksklusif pada Kamis malam, yang dimoderatori oleh pembawa berita utama George Stephanopoulos, Biden membandingkan seperti apa pemerintahannya kelak dibandingkan dengan pemerintahan saat ini dengan jawaban yang sarat kebijakan.

Dia menyatakan dirinya menjanjikan sebuah kepemimpinan yang bahkan belum pernah dilakukan sepanjang Trump menjabat.

Biden, yang telah berulang kali mengelak memberikan jawaban yang jelas pada pertanyaan pembenahan dan peraturan pengadilan terkait dicalonkannya Hakim Amy Coney Barrett,  mengatakan kepada George Stephanopoulos bahwa dia akan memberikan jawaban itu kepada pemilih sebelum Hari Pemilu, terlepas dari kenyataan bahwa jutaan pemilih telah memberikan suara mereka.

"George, kamu tahu jika aku menjawab pertanyaan itu secara langsung, maka semua fokusnya adalah pada apa yang akan dilakukan Biden jika dia menang, bukan pada: Apakah pantas apa yang terjadi sekarang?" kata Biden dengan hati-hati.

Ia juga berkata bahwa Trump sering mengalihkan fokus pada permasalahan.

Penampilan Biden pada Kamis malam disebut-sebut jauh berbeda dengan penampilan lawannya, Donald Trump, pada malam yang sama. Trump lebih membara dan -seperti biasa- selalu ada kata-kata keras.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA