Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penangkapan Mantan Menteri Pertahanan Meksiko, Pejabat: Tuduhan Korupsi Padanya Sudah Terdengar Sejak Dulu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 17 Oktober 2020, 06:17 WIB
Penangkapan Mantan Menteri Pertahanan Meksiko, Pejabat: Tuduhan Korupsi Padanya Sudah Terdengar Sejak Dulu
Jenderal Salvador Cienfuegos Zepeda berbicara dalam resepsi resmi di Mexico City, Meksiko, beberapa tahun lalu/Net
rmol news logo Kabar penangkapan Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Jenderal Salvador Cienfuegos di Bandara Internasional Los Angeles pada Kamis (15/10) telah mengejutkan banyak orang. Apalagi tuduhan yang ditimpakan kepadanya adalah perdagangan narkoba dan pencucian uang.

Namun, dugaan keterlibatan Cienfuegos  dalam kasus korupsi sebenarnya sudah terdengar sejak lama.

Mike Vigil, mantan kepala operasi internasional Badan Penegak Hukum Narkoba (DEA). Vigil mengatakan ketika dia berada di Meksiko pada 2012 dia telah mendengar tuduhan korupsi yang ditujukan kepada Cienfuegos.

“Tuduhan korupsi selalu terdengar, tidak ada yang bisa kami lakukan. Itu karena  Meksiko selalu menempatkan militer di atas harapan dan menjadi tumpuan negara itu," kata Vigil kepada media, seperti dikutip AFP, Jumat (16/10).

“Orang-orang yang dulunya tak tersentuh kini ditangkap,” kata Vigil. "Jika mereka bekerja sama (dengan jaksa penuntut AS), akan ada pihak-pihak lain, seperti pejabat AS yang juga terseret. Yang telah tertangkap ini akan bertukar informasi."

Apa yang menimpa Cienfuegos akan menjadi pukulan telak bagi Meksiko, karena selama ini angkatan bersenjata dan angkatan laut adalah beberapa dari sedikit lembaga publik yang masih dihormati.

Presiden Andrés Manuel López Obrador telah berkomitmen untuk memberantas korupsi selama masa pemerintahannya serta membenahi pelanggaran hukum di bawah pemerintahan sebelumnya. Dibandingkan dengan tentara lainnya, Obrador lebih mengandalkan tentara - dan menugaskannya dengan lebih banyak tugas, mulai dari membangun proyek infrastruktur hingga mendistribusikan pasokan medis.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Meksiko, Marcelo Ebrard, lewat akun Twitternya menginformasikan penangkapan itu.

"Saya mendapat informasi dari Duta Besar Christopher Landau dari Amerika Serikat bahwa mantan Sekretaris Pertahanan Nasional, Jenderal Salvador Cienfuegos Zepeda, telah ditahan di Bandara Los Angeles, California," tulis Ebrard.

Cienfuegos ditangkap berdasarkan surat perintah Administrasi Penegakan Narkoba AS dengan tuduhan perdagangan narkoba dan pencucian uang. Cienfuegos ditangkap ketika dia tiba di bandara Los Angeles bersama keluarganya. Anggota keluarganya dibebaskan dan dia dibawa ke Pusat Penahanan Metropolitan.

Departemen Pertahanan Meksiko tidak segera bereaksi terhadap penangkapan tersebut.

Cienfuegos, yang saat ini berusia 72 tahun, memimpin tentara negara itu selama enam tahun di bawah kepemimpinan Presiden Enrique Peña Nieto.

Di bawah kepemimpinan Cienfuegos, tentara Meksiko sering dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia, hal yang juga terjadi pada pendahulunya.

Skandal terburuk dalam masa jabatan Cienfuegos melibatkan pembunuhan tersangka oleh tentara pada 2014 di sebuah gudang gandum.

Ebrard berjanji akan memberikan bantuan penasihat hukum yang menjadi hak  Cienfuegos.

"Konsul di Los Angeles akan memberi tahu saya tentang tagihan tersebut dalam beberapa jam ke depan. Kami akan menawarkan bantuan konsuler yang menjadi hak Anda. Saya terus mengabari Anda," tulis Ebrard di Twitter.

Ada lima dakwaan untuk Cienfuegos, menurut Ebrard.

"Dari Los Angeles, Konsul Marcela Celorio melaporkan: sidang akan dilakukan pada pukul 14.30 (16.30 waktu CDMX) diperkirakan Jenderal Cienfuegos akan dipindahkan ke New York, pengacaranya tiba beberapa jam lagi dari Meksiko, ada 5 dakwaan terkait peredaran narkoba yang dituduhkan." rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA