Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Donald Trump Menyetujui Permintaan Dana Bantuan Kebakaran California Yang Sebelumnya Ditolak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 17 Oktober 2020, 06:39 WIB
Donald Trump Menyetujui Permintaan Dana Bantuan Kebakaran California Yang Sebelumnya Ditolak
Kebakaran Hutan di Glass Calistoga, California pada 1 Oktober lalu/Net
rmol news logo Presiden Donald Trump telah menyetujui pengajuan dana bantuan federal untuk kebakaran hutan California. Dana itu dibutuhkan untuk membersihkan kerusakan dari enam kebakaran besar baru-baru ini. Keputusan Trump itu sangat mengejutkan pemerintahannya, yang sebelumnya telah menolak.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Gubernur California Gavin Newsom, mengabarkan hal itu pada Jumat (16/10) dengan rasa suka cita.

"Baru saja menelepon Presiden Trump yang telah menyetujui permintaan bantuan untuk bencana besar kami," kata Gavin Newsom dalam sebuah pernyataan. Ia sangat bersyukur permintaannya mendapat respon yang cepat.

Sebelumnya, pemerintahan Trump awal pekan ini telah menolak permintaan California untuk bantuan bencana besar karena Newsom tidak memberikan perincian pembiayaan dengan tepat. Saat ini sebagian wilayah masih dilahap api, seperti dikutip dari AP.

"Musim panas ini, Presiden Trump dengan cepat menyetujui bantuan kebakaran hutan untuk Negara Bagian California yang didukung oleh perkiraan kerusakan. Pada kenyataannya, minggu ini Presiden kembali menyediakan bantuan bencana tambahan untuk California dengan mengizinkan peningkatan tingkat pendanaan Federal menjadi 100 persen untuk pembersihan puing-puing dan tindakan perlindungan darurat yang dilakukan sebagai akibat dari kebakaran hutan, mulai 14 Agustus 2020, dan berlanjut," Wakil sekretaris pers Gedung Putih, Judd Deere, merilis pernyataan tersebut.

"Pengajuan California yang terbaru dan terpisah tidak didukung oleh data relevan yang semestinya diserahkan ke Negara untuk persetujuan, tetapi Presiden telah menyetujui dengan FEMA Rekomendasi Administrator," lanjut pernyataan itu.

Belum ada penjelasan mengenai alasan Donald Trump mengubah keputusannya dan melangkahi keputusan pemerintahannya sendiri.

Salah satu senat California, Tom McClintock, mengatakan pada Jumat bahwa "Deklarasi Bencana Presiden akan segera datang dan bantuan sedang dalam perjalanan."

California berada di posisi yang sangat ketat dalam hal keuangan. Pandemi virus corona mengubah surplus anggarannya menjadi defisit 50 miliar dolar. Bencaha kebakaran hutan yang terus berlangsung membutuhkan anggaran yang tinggi. Kemana lagi negara bagian akan menemukan bantuan yang besar jika bukan berasal dari federal.

Penolakan bantuan jarang terjadi dan Newsom sebelumnya memuji pemerintahan Trump karena menyetujui bantuan terkait dengan kebakaran dan perjuangan California dengan pandemi virus corona.

Tahun ini telah menjadi musim kebakaran yang membawa bencana di California, dengan lebih dari 8.500 titik api membakar lebih dari 6.400 mil persegi (16.000 km persegi) sejak awal tahun.

Sebagian besar kebakaran terjadi sejak pertengahan Agustus, ketika badai petir menyulut ratusan kebakaran di California utara. Tiga puluh satu orang tewas sejak itu, dan lebih dari 9.200 bangunan hancur.

Asap dari api besar di sungai yang terbakar sejak 4 September di bagian tengah negara bagian itu masih mempengaruhi kualitas udara di selatan hingga Los Angeles, menurut  Badan Cuaca Nasional. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA