Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Armenia Sesali Ekspansi Turki Yang Dukung Azerbaijan Dengan Kerahkan Teroris Di Zona Konflik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 17 Oktober 2020, 15:37 WIB
Menlu Armenia Sesali Ekspansi Turki Yang Dukung Azerbaijan Dengan Kerahkan Teroris Di Zona Konflik
Menlu Zohrab Mnatsakanyan dan Sekjen CSTO Stanislav Zas./Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri Armenia Zohrab Mnatsakanyan pada Kamis melakukan percakapan telepon dengan Sekretaris Jenderal Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) Stanislav Zas.

Situasi yang diciptakan oleh agresi besar-besaran yang dilakukan oleh Azerbaijan di zona konflik Nagorno-Karabakh (Artsakh), menjadi topik pembicaraan dua petinggi itu, seperti dilaporkan oleh Kementerian Luar Negeri.

Zohrab Mnatsakanyan menegaskan kembali komitmen Armenia untuk melaksanakan 'Pernyataan bersama 10 Oktober' yang telah disepakati oleh Menteri Luar Negeri Armenia dan Azerbaijan yang dimediasi Rusia, tentang gencatan senjata dan penguatannya. Sayangnya kesepakatan itu gagal terpenuhi, membuat Mnatsakanyan  mengungkapkan keprihatinan yang mendalam.

Mnatsakanyan secara khusus menekankan tidak dapat diterimanya pelanggaran provokatif angkatan bersenjata Azerbaijan di wilayah kedaulatan Armenia.

Dia menambahkan bahwa tindakan agresif Azerbaijan ini disertai dengan berbagai pelanggaran hukum humaniter dan adat internasional. Pashinyan menegaskan  prioritasnya untuk memastikan keselamatan dan eksistensial rakyat Artsakh melalui dukungan dan pengakuan hak mereka untuk hidup bebas dan aman di tanah air mereka sendiri.

Mnatsakanyan juga menyesali kebijakan ekspansionis Turki yang mendukung tanpa syarat Azerbaijan dengan mengerahkan teroris bersenjata internasional di zona konflik, menekankan bahwa kecenderungan Azerbaijan yang tidak dapat diubah untuk menjadi pusat terorisme internasional merupakan ancaman bagi kawasan CSTO.

Mnatsakanyan menegaskan bahwa pimpinan politik Armenia selalu menilai situasi militer dan langkah-langkah yang ditimbulkannya, juga mempertimbangkan kemungkinan dimulainya proses regulasi CSTO.

Kepada Sekretaris Jenderal CSTO,  Mnatsakanyan menekankan lagi bahwa Armenia akan terus menginformasikan kepada CSTO dan negara anggota lainnya tentang situasi saat ini, dan konsekuensi dari agresi Azerbaijan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA