Farah.ID
Farah.ID

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo Salahkan Turki Atas Situasi Panas Nagorno-Karabakh

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 17 Oktober 2020, 16:26 WIB
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo Salahkan Turki Atas Situasi Panas Nagorno-Karabakh
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo/Net
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo angkat bicara soal keterlibatan Turki dalam konflik yang terjadi antara Armenia dan Azerbaijan.

Lewat pernyataannya Pompeo menyalahkan Turki karena telah ikut mengobarkan situasi di daerah kantong Nagorno-Karabakh dengan mempersenjatai Suku Azeri.

"Diperlukan sebuah resolusi diplomatik, alih-alih kedatangan negara pihak ketiga untuk meminjamkan senjata mereka ke apa yang sudah menjadi tong mesiu," katanya dalam sebuah wawancara dengan penyiar WSB Atlanta, seperti dikutip dari Arab News, Sabtu (17/10).

Pasukan Armenia dan Azeri bertempur dalam bentrokan baru pada hari Jumat (16/10) memupuskan harapan untuk mengakhiri pertempuran yang telah terjadi selama hampir tiga minggu.

Turki telah meningkatkan ekspor militer enam kali lipat tahun ini ke sekutu dekatnya Azerbaijan. Ada tanda-tanda lebih lanjut pada hari Jumat bahwa gencatan senjata yang ditengahi Rusia disepakati Sabtu lalu untuk memungkinkan pihak-pihak bertukar tahanan dan mayat mereka yang terbunuh semuanya berantakan.

Ankara menuduh Armenia secara ilegal menduduki wilayah Azeri. Sementara Armenia mengatakan Turki telah mendorong Azerbaijan untuk mengejar solusi militer atas konflik tersebut, yang membahayakan warga sipil Armenia.

Nagorno-Karabakh secara internasional diakui sebagai bagian dari Azerbaijan tetapi dihuni dan diatur oleh etnis Armenia.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA