Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lanjutkan Hukuman Mati, AS Akan Eksekusi Terpidana Wanita Yang Membunuh Ibu Hamil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 18 Oktober 2020, 07:37 WIB
Lanjutkan Hukuman Mati, AS Akan Eksekusi Terpidana Wanita Yang Membunuh Ibu Hamil
Ilustrasi/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya dalam enam dekade akan mengeksekusi narapidana wanita yang telah divonis hukuman mati.

Lisa Montgomery adalah pelaku pembunuhan seorang wanita hamil, Bobbie Jo Stinnett yang berusia 23 tahun di kota Skidmore, Missouri barat laut pada Desember 2004.

Montgomery dijadwalkan akan dieksekusi dengan suntikan mati pada 8 Desember di Kompleks Permasyarakatan Federal di Terre Haute, Indiana. Ia akan menjadi narapidana federal kesembilan yang dihukum mati sejak Departemen Kehakiman melanjutkan eksekusi pada Juli, setelah hampir 20 tahun absen.

Dimuat Stuff pada Sabtu (17/10), Montgomery membunuh Stinnett di rumah wanita hamil itu yang terletak di Skidmore. Pada awalnya, Montgomery berkendara dari rumahnya di Kansas untuk mengadopsi anak anjing.

Ketika dia tiba di rumah Stinnett, Montgomery menggunakan tali untuk mencekik Stinnett yang sedang hamil delapan bulan. Stinnett yang masih dalam keadaan sadar berusaha membela diri ketika Montgomery menggunakan pisau dapur membelah perutnya untuk mengambil bayi perempuan Stinnett.

Jaksa penuntut mengatakan Montgomery mengeluarkan bayi itu dari tubuh Stinnett, membawa anak itu bersamanya, dan berusaha untuk menyamar sebagai anaknya.

Pengacara Montgomery berpendapat bahwa dia menderita delusi ketika membunuh Stinnett, tetapi juri menolak pembelaannya.

Pengacaranya juga berpendapat bahwa dia menderita pseudocyesis, yang menyebabkan seorang wanita salah percaya bahwa dia hamil dan menunjukkan tanda-tanda kehamilan.

Selain Montgomery, Departemen Kehakiman pada Jumat (16/10) juga menjadwalkan eksekusi seorang pria yang dihukum dalam pembunuhan dua menteri pemuda pada 1999 di Texas.

Brandon Bernard, 40 tahun, dijadwalkan akan dieksekusi dengan suntikan mematikan pada 10 Desember.

Bernard dan rekan tergugatnya, Christopher Vialva, dihukum dalam penculikan dan pembunuhan pada 1999 terhadap Todd dan Stacie Bagley, pasangan dari Iowa yang berhenti untuk menggunakan telepon umum di Killeen, Texas.

Pasangan itu setuju untuk memberi tumpangan pada Vialva dan dua lainnya. Namun Vialva mengeluarkan pistol, memaksa pasangan itu masuk ke bagasi dan berkendara selama beberapa jam, berhenti di ATM untuk menarik uang tunai dan mencoba menggadaikan cincin kawin wanita itu. Kedua korban ditembak di bagian kepala dan ditempatkan di bagasi mobil mereka, yang kemudian dibakar.

Vialva dieksekusi bulan lalu di Kompleks Pemasyarakatan Federal di Terre Haute.

Eksekusi federal dimulai pada 14 Juli, dengan pengeksekusian terhadap mantan supremasi kulit putih Daniel Lewis Lee. Sejak itu, enam orang lainnya telah dihukum mati dan seorang pria lainnya, Orlando Hall, dijadwalkan akan dieksekusi bulan depan.

Kelompok anti-hukuman mati mengatakan Presiden AS Donald Trump mendorong eksekusi selama musim kampanye dalam upaya untuk meningkatkan reputasi sebagai pemimpin hukum dan ketertiban.

Sebelum eksekusi kembali pada musim panas ini, otoritas federal hanya mengeksekusi tiga tahanan dalam 56 tahun sebelumnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA