Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menang Telak, PM Jacinda Ardern Janjikan Pemerintahan Baru Dalam Tiga Pekan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 18 Oktober 2020, 11:57 WIB
Menang Telak, PM Jacinda Ardern Janjikan Pemerintahan Baru Dalam Tiga Pekan
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern/Net
rmol news logo Kemenangan bersejarah dari petahana, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dari Partai Buruh dalam pemilihan umum membuatnya melanggengkan kekuasaan.

Dalam konferensi pers pada Minggu (18/10), Ardern juga berjanji akan membentuk pemerintahan barunya dalam kurun waktu tiga pekan ke depan. Namun ia menolak untuk mengungkap apakah akan berkoalisi atau memerintah sendiri.

Pasalnya, berdasarkan hasil pemilu pada Sabtu (17/10), partai Buruh memenangkan 64 dari 120 kursi di parlemen unikameral Selandia Baru.

Dengan jumlah kursi itu, Ardern pada dasarnya tidak membutuhkan dukungan koalisi. Namun selama tiga tahun terakhir, ia telah berkoalisi dengan Partai Hijau dan Partai Nasional Selandia Baru.

"Sementara akan ada tiga minggu lagi sebelum kami mendapatkan hasil akhir itu, harapan saya adalah kami akan mengerjakan formasi pemerintah dalam kerangka itu," kata Ardern, seperti dikutip dari Reuters.

"Saya telah menjadi pembangun konsensus tetapi saya juga harus bekerja dengan amanat yang diberikan Buruh juga. Saya telah mengatakan kepada Partai Hijau bahwa saya akan berbicara dengan mereka minggu depan," terangnya perempuan 40 tahun itu.

"Saya tidak ingin menarik kesimpulan apa pun pada saat ini," lanjutnya.

Kemenangan gemilang Ardern merupakan bukti dari kepemimpinannya yang berhasil menghancurkan Covid-19 dan menangani pembantaian 51 jemaah di dua masjid di Chrischruch, serta letusan gunung berapi beberapa waktu lalu.

Dengan pendekatan "go hard, go early" dalam penanganan Covid-19, Ardern berhasil menghilangkan virus corona di Selandia Baru hingga satu kasus dilaporkan pada Minggu.

Sejauh ini, Selandia Baru hanya melaporkan sekitar 1.500 kasus Covid-19 dengan 25 kematian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA