Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Menang Telak Di Pemilu, Jacinda Ardern Pertimbangkan Kemungkinan Koalisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 18 Oktober 2020, 22:37 WIB
Meski Menang Telak Di Pemilu, Jacinda Ardern Pertimbangkan Kemungkinan Koalisi
Jacinda Ardern mempertimbangkan kemungkinan koalisi/Net
rmol news logo Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern berhasil melanggengkan kekuasannya setelah mendapatkan kemenangan telak dalam pemilihan umum bersejarah akhir pekan ini.

Berdasarkan hasil pemilu yang digelar di neara tersebut (Sabtu, 17/10), Partai Buruh di mana Ardern bernaung, memenangkan 64 dari 120 kursi di parlemen Selandia Baru.

Meski dengan perolehan tersebut, Partai Buruh akan bisa memerintah sendiri, namun Ardern mengaku bahwa dia masih mempertimbangkan kemungkinan untuk membentuk pemerintahan koalisi.

Pada Minggu (18/10), Ardern mengatakan bahwa dia membutuhkan waktu dua hingga tiga minggu untuk secara resmi membentuk pemerintahan, setelah pembicaraan dengan mitra koalisi potensial.

The Guardian mengabarkan, Ardern akan melakukan kontak dengan banyak kandidat Partai Buruh, termasuk mantan guru musik dan pemimpin gereja di Hamilton, seorang bidan di Christchurch, dan orang tua asuh serta advokat pemuda di New Plymouth.

Sementara itu, wakil pemimpin Partai Hijau James Shaw dan Marama Davidson telah mengonfirmasi bahwa mereka telah berbicara dengan Ardern. Partai itu memenangkan 10 kursi di parlemen, dua lebih banyak dari pemilihan sebelumnya, dan berharap diundang untuk bergabung dengan pemerintahan Ardern selanjutnya.

Kemenangan Ardern banyak disambut pemimpin negara di dunia. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson membuat cuitan di Twitter bahwa dia menantikan untuk bekerja dengannya dalam masalah perubahan iklim.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengatakan bahwa dia berharap dapat bekerja dengan Ardern untuk memerangi perubahan iklim, memberdayakan wanita dan anak perempuan di seluruh dunia, dan memastikan distribusi vaksin yang adil.

Bukan hanya pemimpin negara, ucapan selamat juga datang dari pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama. Dia mengirimkan kata-kata pujian dan ucapan selamat yang hangat.

"Saya mengagumi keberanian, kebijaksanaan, dan kepemimpinan (Jacinda Ardern), serta ketenangan, kasih sayang, dan rasa hormat kepada orang lain, yang telah dia tunjukkan di masa-masa sulit ini," ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA