Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Paus Fransiskus Kabulkan Pengunduran Diri Uskup Polandia Edward Janiak Yang Terjerat Skandal Pedofilia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 19 Oktober 2020, 06:39 WIB
Paus Fransiskus Kabulkan Pengunduran Diri Uskup Polandia Edward Janiak Yang Terjerat Skandal Pedofilia
Paus Fransiskus saat kunjungan ke Albania beberapa tahun lalu/Net
rmol news logo Paus Fransiskus mengabulkan permintaan pengunduran diri Uskup Polandia Edward Janiak yang diusir dari keuskupannya beberapa bulan lalu pada Sabtu (17/10) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Saat ini Janiak tengah menunggu penyelidikan Vatikan dengan tuduhan bahwa dirinya menutupi kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh para pendetanya.

Di hari yang sama, Paus Fransiskus kemudian mengukuhkan Uskup Agung Lodz, Grzegorz Rys, sebagai administrator sementara keuskupan, seperti dikutip dari AP, Minggu (17/10).

Pengunduran diri Edward Janiak sebagai Uskup Kota Kalisz menunjukkan bahwa Vatikan mampu mendukung setidaknya beberapa elemen dari tuduhan yang dikemas dalam sebuah film dokumenter tentang pelecehan seksual yang terjadi di Polandia yang telah merusak hierarki Katolik yang berpengaruh di negara itu.

Janiak saat ini berusia 68 tahun, sebenarnya masih ada beberapa tahun lagi masa baktinya sebelum masuk usia pensiun normal uskup, yakni 75 tahun.

Paus Fransiskus pada bulan Juni telah memerintahkan Janiak untuk meninggalkan Kalisz dan melarangnya memiliki pengaruh apa pun tentang bagaimana keuskupan dijalankan selagi menunggu penyelidikan.

Terungkapnya skandal di keuskupan Polandia berawal dari sebuah film dokumenter online berjudul 'Playing Hide and Seek' pada Mei lalu.

Dalam film tersebut terungkap dua kasus pendeta pedofil yang ditangani Janiak. Pertama saat dia menjabat sebagai uskup pembantu Wroclaw dan kemudian saat dirinya menjadi uskup Kalisz, yang ia pimpin sejak 2012.

Film ini menampilkan kesaksian pengadilan tentang peran Janiak dalam membantu pemindahan seorang imam, yang kemudian dihukum dan dicopot dari Wroclaw ke keuskupan lain bahkan setelah penyelidikan kriminal dimulai.

Film itu juga mendokumentasikan dugaan penyembunyian yang berkaitan dengan pastor lain selama Janiak menjabat sebagai uskup Kalisz.

Film tersebut adalah yang kedua tentang pelecehan yang dilakukan oleh pendeta Polandia yang dibuat oleh saudara Tomasz dan Marek Sekielski.

Film pertama mereka tahun lalu, 'Tell No One', memicu pembalasan nasional di negara di mana tidak ada otoritas moral yang lebih tinggi daripada Gereja Katolik dan para klerus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA