Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Militer India Tangkap Seorang Tentara Pembebasan Rakyat China Di Perbatasan Ladakh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 19 Oktober 2020, 19:43 WIB
Militer India Tangkap Seorang Tentara Pembebasan Rakyat China Di Perbatasan Ladakh
Pasukan India dilaporkan menangkap seorang Tentara Pembebasan Rakyat China di perbatasan Ladakh/Net
rmol news logo Seorang anggota Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) ditangkap oleh pasukan India di dalam wilayah Demchok yang terpencil di Ladakh.

Kopral Wang Ya Long dilaporkan ditangkap di wilayah Ladakh yang dikuasai oleh India pada Senin (19/10), ketika dua negara tersebut berada dalam ketegangan sengketa perbatasan selama berbulan-bulan.

"Sesuai protokol yang ditetapkan, dia akan dikembalikan ke pejabat China di titik pertemuan Chushul-Moldo setelah menyelesaikan formalitas," ujar militer India dalam pernyataan yang dikutip CNA.

"Tentara PLA telah diberikan bantuan medis termasuk oksigen, makanan dan pakaian hangat untuk melindunginya dari ketinggian ekstrem dan kondisi iklim yang keras," tambah pernyataan itu.

Sejauh ini, China belum komentar mengenai penangkapan tentaranya. Namun, pemimpin redaksi Global Times, yang didukung negara, mengatakan masalah itu sedang diselesaikan.

"Berdasarkan apa yang saya ketahui, seorang tentara China ditahan pihak India, kemungkinan besar karena tersesat," kata pemimpin redaksi Global Times, Hu Xijin.

“Pihak India memiliki sikap positif. Prajurit itu akan dikembalikan ke China. Masalah tersebut seharusnya tidak menimbulkan ketegangan baru di kawasan perbatasan," lanjutnya.

Pertempuran antara China dan India di perbatasan meletus pada awal Mei dengan perkelahian sengit. Pertempuran pada 15 Juni antara keduanya menewaskan 20 tentara India. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA