Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Kemampuan Serangan Angkatan Udara China Dapat Pasokan Rudal Jelajah Hipersonik Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 20 Oktober 2020, 06:11 WIB
Tingkatkan Kemampuan Serangan Angkatan Udara China Dapat Pasokan Rudal Jelajah Hipersonik Baru
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah China dikabarkan telah memasok rudal jelajah hipersonik udara baru yang bertujuan untuk memperluas kemampuan serangan pasukan angkatan udara Tiongkok.

Sebuah sumber yang dekat dengan pihak militer mengatakan senjata tersebut merupakan peningkatan dari seri rudal Changjian dan memiliki jangkauan dan kecepatan yang lebih besar daripada yang lain.

"Itu akan memungkinkannya untuk lebih efektif menembus sistem pertahanan rudal," kata sumber tersebut, seperti dikutip dari SCMP, Senin (19/10).

Sebuah video yang beredar di platform jejaring sosial sejak Sabtu (17/10) menunjukkan, rudal baru itu dibawa oleh pesawat pembom H-6N China saat terbang ke pangkalan udara tak dikenal. Bentuknya menyerupai DF-17, rudal balistik hipersonik yang dikerahkan di bawah Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang mampu membawa hulu ledak konvensional dan nuklir.

Namun terlepas dari kesamaan itu, sumber yang dekat dengan militer mengatakan rudal baru itu bukan bagian dari seri Dongfeng, yang mencakup rudal balistik jarak pendek, jarak menengah serta antarbenua.

Sumber militer yang berbasis di Beijing mengatakan bahwa rudal itu adalah Changjian yang sudah mengalami peningkatan, dirancang dengan kecepatan dan efisiensi yang ditingkatkan untuk menembus sistem pertahanan yang semakin canggih di seluruh dunia.

“Changjian-20 telah ada selama lebih dari satu dekade. Karena negara-negara lain berlomba untuk mengembangkan sistem pertahanan yang lebih maju dan senjata hipersonik lainnya, sudah waktunya bagi angkatan udara China untuk meningkatkan rudal untuk meningkatkan jangkauan serangannya," kata sumber militer itu.

“Saat ini, kemampuan serangan angkatan udara China dibatasi oleh pembomnya. Untuk pembom H-6, hanya varian H-6N yang mampu mengisi bahan bakar di udara, menghasilkan kelemahan jangkauan yang jelas. Ini mendorong angkatan udara untuk meningkatkan misilnya guna mengurangi masalah jangkauan," lanjutnya.

Sumber itu mengatakan peningkatan kemampuan serangan angkatan udara adalah hasil lain dari dorongan modernisasi.

Sumber lain yang dekat dengan angkatan udara China juga mengatakan rudal baru itu adalah rudal jelajah hipersonik udara.

"Ini dirancang untuk menutupi kekurangan rudal CJ [Changjian] lainnya, yang relatif lambat, memiliki jangkauan yang lebih pendek dan kurang efektif dalam menembus perisai pertahanan," kata sumber itu.

"Rudal baru ini dapat menandingi senjata serupa lainnya yang sedang dikembangkan oleh Rusia atau AS. Tapi kami masih perlu meningkatkan pembom kami untuk mengeluarkan potensi penuhnya."

China telah menggelontorkan jutaan dolar untuk penelitian dan pengembangan persenjataan canggih. Menurut laporan US Congressional Research Service pada bulan Agustus, China adalah pesaing terkuat Amerika Serikat dalam teknologi militer mutakhir seperti kecerdasan buatan dan komputasi kuantum.

Song Zhongping, seorang komentator militer yang berbasis di Hong Kong dan lulusan Universitas Teknik Artileri Kedua PLA, mengatakan rudal baru itu dapat meningkatkan kemampuan tempur di semua layanan militer China.

"Rudal baru tersebut dapat memperkuat kemampuan angkatan udara China dan mempersingkat waktu reaksi dalam situasi pertempuran nyata," kata Song.

Beberapa waktu lalu sebuah sumber mengatakan China tengah meningkatkan kehadiran militernya di pantai tenggara, bersiap untuk kemungkinan menginvasi Taiwan. Militer China, terlihat terus meningkatkan kehadiran pangkalan misilnya di wilayah tersebut.

Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China, telah mengerahkan rudal hipersonik DF-17 yang paling canggih ke daerah tersebut, di pesisir yang berhadapan dengan Taiwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA