Pembinaan Masyarakat dan 'Warung Konsuler' untuk WNI Di Calabria, Italia

J.S George Lantu saat bertemu dengan mahasiswa WNI di Calabria 17 Oktober 2020/KBRI Roma

KBRI Roma tak henti melaksanakan pembinaan masyarakat dan 'Warung Konsuler' di masa new normal ini. Kali ini kegiatan dilaksanakan di wilayah Calabria  yang memiliki angka kasus infeksi Covid-19 paling rendah di Italia, selain wilayah Valle d’Aosta, Basilicata dan Molise.

Calabria terletak di selatan Italia, berbatasan dengan Basilicata di utara, Laut Tyrrhenia di barat, dan Laut Ionia di timur. Wilayah seluas lebih dari 15 km2 ini dihuni oleh lebih dari 1,9 juta orang sesuai sensus penduduk 2019.

Kegiatan diikuti oleh 26 warga negera Indonesia yang sebagian besar adalah mahasiswa di Universita Della Calabria, Rende. Dalam kesempatan tersebut, KBRI Roma menyampaikan bantuan logistik, berupa bahan makanan pokok, masker, vitamin, dan hand sanitizer.

J.S George Lantu, Wakil Kepala Perwakilan (Wakeppri) dalam pertemuan dengan perwakilan masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Calabria menyampaikan pentingnya masyarakat dan pelajar Indonesia untuk selalu menjaga kebersamaan dan perdamaian.

“Kami tak henti mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu kompak, rukun dan damai, serta menjalin komunikasi yang baik dengan KBRI Roma terutama pada masa kondisi kesehatan darurat di Italia akibat pandemi Covid-19,” ujar George Lantu.

Italia masih berada pada fase kedua 'living with the virus'. Pemerintah Italia telah menerapkan berbagai peraturan serta terus memperbarui ketentuan pembatasan untuk membendung penyebaran pandemi Covid-19.

George Lantu mengimbau seluruh masyarakat termasuk mahasiswa Indonesia untuk selalu mematuhi ketentuan dan protokol kesehatan yang berlaku, baik ketentuan Pemerintah Pusat Italia, meupun pemerintah daerah dan universitas, agar semua tetap berada dalam keadaan baik dan sehat.

George Lantu juga mengucapkan apresiasi atas bantuan, kerja sama, dan koordinasi yang baik antara KBRI Roma dengan WNI dan PPI di Italia khususnya di Calabria pada awal penanganan pandemi Covid-19 hingga saat ini.

Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Calabria, Halimah Purnama Putri menyampaikan suka citanya atas kunjungan KBRI.

“Para pelajar dan masyarakat Indonesia menyambut gembira kunjungan KBRI Roma ke selatan Italia. Kegiatan ini adalah momen yang sangat baik untuk menjalin keakraban dan silaturahmi antara masyarakat Indonesia di Calabria. Kami juga sangat berterima kasih atas pelayanan kekonsuleran yang diberikan KBRI Roma dan paket bantuan logistik di masa pandemi Covid-19,” ujar Halimah.

Dalam diskusi, para pelajar aktif menyampaikan masukan terkait situasi dan kondisi di Calabria, permasalahan kekonsuleran hingga potensi kerja sama promosi sosial budaya Indonesia dan peningkatan people-to-people contact.

Pelayanan kekonsuleran yang diberikan oleh KBRI Roma meliputi pengambilan data biometri untuk pembuatan dan perpanjangan paspor, lapor diri, pembuatan surat keterangan lahir, dan surat keterangan lainnya.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Pakar Hukum Internasional: Jangan Harap Perubahan Signifikan Hubungan AS-Indonesia Di Era Biden
Dunia

Pakar Hukum Internasional: J..

02 Desember 2020 16:16
Borong Ratusan Juta Dosis, Jepang Gratiskan Vaksin Virus Corona Untuk Seluruh Warganya
Dunia

Borong Ratusan Juta Dosis, J..

02 Desember 2020 16:04
Tak Akan Cabut Kesepakatan Dagang Trump, Biden Akan Tetap Keras Pada China
Dunia

Tak Akan Cabut Kesepakatan D..

02 Desember 2020 15:39
Akhirnya Azerbaijan Batalkan Rencana 'Pamerkan' Tawanan Perang Armenia Saat Parade Militer Mendatang
Dunia

Akhirnya Azerbaijan Batalkan..

02 Desember 2020 15:18
Dihantam 11 Bencana Alam Dalam Dua Bulan, Vietnam Alami Kerugian Hingga Rp 18,5 Triliun
Dunia

Dihantam 11 Bencana Alam Dal..

02 Desember 2020 14:53
Wakil PM Libya:  Hanya Turki Yang Mendukung Kami Melewati Masa-masa Sulit
Dunia

Wakil PM Libya: Hanya Turki..

02 Desember 2020 14:45
Inggris Jadi Negara Pertama Yang Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Pfizer
Dunia

Inggris Jadi Negara Pertama ..

02 Desember 2020 14:40
Prancis Bela Australia Kecam Keras Foto Satir, China: Katanya Bela ‘Hak Atas Karikatur’, Tapi Kok Kecam Karya Seniman Muda?
Dunia

Prancis Bela Australia Kecam..

02 Desember 2020 14:26