Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pembinaan Masyarakat dan 'Warung Konsuler' untuk WNI Di Calabria, Italia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 20 Oktober 2020, 06:53 WIB
Pembinaan Masyarakat dan 'Warung Konsuler' untuk WNI Di Calabria, Italia
J.S George Lantu saat bertemu dengan mahasiswa WNI di Calabria 17 Oktober 2020/KBRI Roma
rmol news logo KBRI Roma tak henti melaksanakan pembinaan masyarakat dan 'Warung Konsuler' di masa new normal ini. Kali ini kegiatan dilaksanakan di wilayah Calabria  yang memiliki angka kasus infeksi Covid-19 paling rendah di Italia, selain wilayah Valle d’Aosta, Basilicata dan Molise.

Calabria terletak di selatan Italia, berbatasan dengan Basilicata di utara, Laut Tyrrhenia di barat, dan Laut Ionia di timur. Wilayah seluas lebih dari 15 km2 ini dihuni oleh lebih dari 1,9 juta orang sesuai sensus penduduk 2019.

Kegiatan diikuti oleh 26 warga negera Indonesia yang sebagian besar adalah mahasiswa di Universita Della Calabria, Rende. Dalam kesempatan tersebut, KBRI Roma menyampaikan bantuan logistik, berupa bahan makanan pokok, masker, vitamin, dan hand sanitizer.

J.S George Lantu, Wakil Kepala Perwakilan (Wakeppri) dalam pertemuan dengan perwakilan masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Calabria menyampaikan pentingnya masyarakat dan pelajar Indonesia untuk selalu menjaga kebersamaan dan perdamaian.

“Kami tak henti mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu kompak, rukun dan damai, serta menjalin komunikasi yang baik dengan KBRI Roma terutama pada masa kondisi kesehatan darurat di Italia akibat pandemi Covid-19,” ujar George Lantu.

Italia masih berada pada fase kedua 'living with the virus'. Pemerintah Italia telah menerapkan berbagai peraturan serta terus memperbarui ketentuan pembatasan untuk membendung penyebaran pandemi Covid-19.

George Lantu mengimbau seluruh masyarakat termasuk mahasiswa Indonesia untuk selalu mematuhi ketentuan dan protokol kesehatan yang berlaku, baik ketentuan Pemerintah Pusat Italia, meupun pemerintah daerah dan universitas, agar semua tetap berada dalam keadaan baik dan sehat.

George Lantu juga mengucapkan apresiasi atas bantuan, kerja sama, dan koordinasi yang baik antara KBRI Roma dengan WNI dan PPI di Italia khususnya di Calabria pada awal penanganan pandemi Covid-19 hingga saat ini.

Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Calabria, Halimah Purnama Putri menyampaikan suka citanya atas kunjungan KBRI.

“Para pelajar dan masyarakat Indonesia menyambut gembira kunjungan KBRI Roma ke selatan Italia. Kegiatan ini adalah momen yang sangat baik untuk menjalin keakraban dan silaturahmi antara masyarakat Indonesia di Calabria. Kami juga sangat berterima kasih atas pelayanan kekonsuleran yang diberikan KBRI Roma dan paket bantuan logistik di masa pandemi Covid-19,” ujar Halimah.

Dalam diskusi, para pelajar aktif menyampaikan masukan terkait situasi dan kondisi di Calabria, permasalahan kekonsuleran hingga potensi kerja sama promosi sosial budaya Indonesia dan peningkatan people-to-people contact.

Pelayanan kekonsuleran yang diberikan oleh KBRI Roma meliputi pengambilan data biometri untuk pembuatan dan perpanjangan paspor, lapor diri, pembuatan surat keterangan lahir, dan surat keterangan lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA