Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiba Di Indonesia, Ini Sederet Agenda Yang Dibawa PM Jepang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 20 Oktober 2020, 16:49 WIB
Tiba Di Indonesia, Ini Sederet Agenda Yang Dibawa PM Jepang
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga saat tiba di Indonesia/Repro
rmol news logo Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga tiba di Indonesia pada hari Selasa (20/10). Ini adalah kali pertama Suga mengunjungi Indonesia sebagai perdana menteri Jepang yang baru.

Presiden RI Joko Widodo mengunggah foto Suga dan istrinya saat baru tiba di Indonesia melalui akun Instagram-nya @Jokowi, seraya menulis, "Selamat datang Perdana Menteri Jepang Bapak Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga di Indondia".

Sebelum tiba di Indonesia, Suga lebih dulu mengunjungi Vietnam. Ini Adalah bagian dari kunjungannya ke sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara yang menurutnya adalah kunci untuk mengejar visi "Indo-Pasifik Bebas dan Terbuka".

Channel News Asia mengabarkan, kunjungan Suga ke Indonesia kali ini membawa sejumlah agenda penting, di antaranya adalah kerja sama ekonomi dan keamanan untuk melawan kekuatan China yang tumbuh dan ketegasannya dalam perselisihan dengan pemerintah lain di Laut China Selatan.

Kunjungan Suga juga diperkirakan dilakukan untuk mendorong negara-negara ASEAN untuk bekerja sama dalam mempromosikan visi Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka.

Bukan hanya itu, kunjungan Suga juga diperkirakan untuk menyampaikan bahwa penghormatannya terhadap sistem internasional berbasis aturan, berbeda dengan China yang menolak untuk mengakui putusan pengadilan terhadap klaim lautnya yang luas, menjadikan Jepang sebagai mitra yang lebih baik bagi negara-negara Asia Tenggara.

Selain isu regional, kunjungan Suga ke Indonesia juga diperkirakan akan membaha langkah-langkah penanganan virus corona dan kemungkinan dukungan Jepang untuk ekonomi Indonesia yang dilanda pandemi.

Jepang juga berharap untuk memperdalam dan memperkuat hubungan pertahanannya dengan Indonesia serta mempromosikan alutsista dan perjanjian transfer teknologi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA