Mendagri Tutup Masjid Yang Tayangkan Video Ajakan Penyerangan Guru Prancis Yang Tewas Dipenggal

Aparat menutup masjid di Kota Pantin Prancis terkait seruan penyerangan dan kematian seorang guru/Net

Pemerintah Prancis terus melakukan upaya tegas untuk melakukan pencegahan kekerasan berbasis agama di negaranya pasca pembunuhan keji seorang guru yang dilakukan oleh seorang pemuda Islam asal Chechnya.

Yang terbaru, Kementerian Dalam Negeri mengatakan pada Selasa (20/10) bahwa mereka akan menutup sebuah masjid yang terletak di pinggiran Kota Pantin selama enam bulan mulai pada Rabu (21/10) malam waktu setempat, seperti dikutip dari AFP, Selasa (20/10). Kota Pantin adalah wilayah yang padat penduduk di timur laut Paris.

Ini menjadi satu tindakan keras terhadap Islam radikal yang telah menghasilkan lebih dari selusin penangkapan terkait kasus pemenggalan kepala seorang guru yang telah menunjukkan kartun Nabi Muhammad kepada murid-muridnya.

Langkah itu dilakukan di saat penyelidikan mengungkapkan bahwa pembunuhnya telah melakukan kontak dengan orangtua yang tidak puas terhadap tindakan sang korban di sekolah, yang telah menunjukkan kartun Nabi Muhammad.

Salah seorang ayah, orangtua murid di kelas korban, berada di belakang kampanye online, seruan yang memicu gerakan penyerangan yang akhirnya menewaskan sang guru.

Sang ayah, yang saat ini berada dalam tahanan polisi, mencantumkan nomor teleponnya di Facebook dan mengirimkan pesan WhatsApp kepada si pelaku, Abdullakh Anzorov (18), pada hari-hari menjelang pembunuhan tersebut, kata sumber polisi kepada AFP.

Di antara pesan-pesan yang dikirinya, si ayah -orangtua murid itu- juga memposting video yang menentang sikap Paty di kelas yang menunjukkan kartun Nabi Muhammad. Masjid di Kota Pantin, yang sekarang menjadi target penutupan oleh Kementerian, sempat membagikan video itu di Halaman Facebook-nya. Meningkatkan seruan kebencian.

Menanggapi hal itu, kepala masjid Pantin M'hammed Henniche berkilah dengan mengatakan bahwa tujuannya membagikan video yang diposting si ayah itu bukan untuk mendukung sikap si ayah dan 'membenarkan' keluhannya tentang kartun tersebut, tetapi karena takut anak-anak Muslim diasingkan di kelas gara-gara korban menunjukkan kartun Nabi Muhammad.

Sebuah keputusan resmi untuk menutup masjid mengatakan bahwa pendirian tersebut menyebarkan pernyataan yang memprovokasi kebencian dan kekerasan dan kemungkinan akan berkontribusi pada tindakan teror.

Paty (47) diserang pada hari Jumat siang dalam perjalanan pulang dari sekolah menengah pertama tempat ia mengajar di Conflans-Sainte-Honorine, 40 kilometer (25 mil) barat laut Paris.

Pembunuh itu sempat memposting tubuh Paty yang dipenggal di Twitter sebelum dia ditembak mati oleh polisi.

Sejauh ini polisi telah menangkap 16 orang yang terkait dengan pembunuhan itu, termasuk seorang radikal Islam yang dikenal dan empat anggota keluarga Anzorov.

Lima murid yang dicurigai menerima pembayaran karena memberitahu identitas Paty kepada pembunuhnya termasuk di antara mereka yang ditahan polisi.

Pemenggalan kepala Paty adalah serangan kedua yang diklaim atas nama pembalasan Nabi sejak persidangan pembunuhan Charlie Hebdo pada 2015. 12 orang, termasuk kartunis, ditembak mati karena menerbitkan kartun Muhammad.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Pakar Hukum Internasional: Jangan Harap Perubahan Signifikan Hubungan AS-Indonesia Di Era Biden
Dunia

Pakar Hukum Internasional: J..

02 Desember 2020 16:16
Borong Ratusan Juta Dosis, Jepang Gratiskan Vaksin Virus Corona Untuk Seluruh Warganya
Dunia

Borong Ratusan Juta Dosis, J..

02 Desember 2020 16:04
Tak Akan Cabut Kesepakatan Dagang Trump, Biden Akan Tetap Keras Pada China
Dunia

Tak Akan Cabut Kesepakatan D..

02 Desember 2020 15:39
Akhirnya Azerbaijan Batalkan Rencana 'Pamerkan' Tawanan Perang Armenia Saat Parade Militer Mendatang
Dunia

Akhirnya Azerbaijan Batalkan..

02 Desember 2020 15:18
Dihantam 11 Bencana Alam Dalam Dua Bulan, Vietnam Alami Kerugian Hingga Rp 18,5 Triliun
Dunia

Dihantam 11 Bencana Alam Dal..

02 Desember 2020 14:53
Wakil PM Libya:  Hanya Turki Yang Mendukung Kami Melewati Masa-masa Sulit
Dunia

Wakil PM Libya: Hanya Turki..

02 Desember 2020 14:45
Inggris Jadi Negara Pertama Yang Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Pfizer
Dunia

Inggris Jadi Negara Pertama ..

02 Desember 2020 14:40
Prancis Bela Australia Kecam Keras Foto Satir, China: Katanya Bela ‘Hak Atas Karikatur’, Tapi Kok Kecam Karya Seniman Muda?
Dunia

Prancis Bela Australia Kecam..

02 Desember 2020 14:26