Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hubungan Istimewa India-AS Di Mata Diplomat Top Amerika

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 21 Oktober 2020, 16:18 WIB
Hubungan Istimewa India-AS Di Mata Diplomat Top Amerika
Ilustrasi/Net
rmol news logo India bukan lagi negara yang asing bagi Wakil Menteri Luar Negeri Stephen E. Biegun. Setidaknya, setelah mengunjungi India beberapa kali, ia merasakan kedekatan dengan negara itu. Terlebih ketika Amerika Serikat-India semakin mantap menjalankan misi kerjasama.

"Saya telah bepergian ke India setidaknya beberapa lusin kali selama 30 tahun terakhir," kata Biegun, dalam rilisnya yang disiarkan Departemen Luar Negeri AS, seperti dikutip dari NDTV, Rabu (21/10).

"Saya kembali Sabtu malam setelah perjalanan selama seminggu ke Delhi dan ke Dhaka, di mana kami melakukan diskusi yang sangat hangat dan konstruktif dengan pemerintah di kedua negara. Itu membuat saya sangat yakin bahwa hubungan kita dengan kedua negara ini akan membawa kesuksesan lebih lanjut di masa depan," katanya.

Biegun mengakui keterlibatan dirinya dalam kerjasama dengan mitranya di India, baik dalam pemerintahan maupun dalam hubungan bisnis, membuatnya jauh mengenal India lebih dalam.

"Ini memberi saya perspektif yang lebih panjang tentang hubungan AS-India yang membuat saya yakin bahwa kesempatan untuk memperdalam hubungan kami tidak pernah sebaik ini - sejak awal 1990-an, ketika Amerika Serikat dan India benar-benar mulai terbuka satu sama lain. Ini hanyalah perkembangan kerja sama yang stabil yang menurut saya telah mencapai tingkat yang baru dalam beberapa bulan dan tahun terakhir, dan saya sangat senang memiliki kesempatan untuk berkunjung (ke India)," kata Biegum.

Pernyataan diplomat top Amerika itu menjadi arti yang sangat penting, hanya dua minggu sebelum pemilihan presiden pada 3 November.

Biegun mengatakan bahwa India dan AS bukan hanya dua negara demokrasi terbesar di dunia, tetapi juga memiliki nilai dan kepentingan yang sama.

Keduanya adalah negara yang sangat unik, namun nilai-nilai demokrasi yang menopang kedua sistem, arah tertentu secara alami menyatu dalam hubungan yang kuat ini, kata diplomat itu.

Memperhatikan bahwa Amerika Serikat dan India menghadapi tantangan yang sama di dunia, Biegun mengatakan kedua negara juga memiliki insentif yang mendorong mereka untuk membuat penilaian yang sangat tepat tentang kepentingan mereka untuk saling berkolaborasi.

Biegun mengatakan kedua negara dijadwalkan akan mempertemukan  2 + 2 menteri pada musim gugur ini. Dia tidak mengumumkan tanggal yang akan melibatkan pertemuan antara Menteri Luar Negeri S Jaishankar dan Menteri Pertahanan Rajnath Singh dengan Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Mark Esper.

Kemungkinan pertemuan itu akan dilakukan di New Delhi. Itu sebabnya Biegun melakukan kunjungan ke India, sebagai persiapan pertemuan 2+2 menteri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA