Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes RI Priyo Iswanto Terima Medali Anti-Narkoba Dari Pemerintah Kolombia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 22 Oktober 2020, 14:14 WIB
Dubes RI Priyo Iswanto Terima Medali Anti-Narkoba Dari Pemerintah Kolombia
Dubes RI Untuk Kolombia Priyo Iswanto saat menerima penghargaan dari pemerintah Kolombia/KBRI
rmol news logo Duta Besar Republik Indonesia untuk Kolombia, Priyo Iswanto, menerima Penghargaan 'Mayor Wilson Quintero Martinez' dari Kepolisian Nasional Kolombia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penghargaan diberikan atas jasa-jasa dan kontribusi yang sangat berharga bagi kerja sama Kepolisian Nasional Kolombia khususnya Direksi Antinarkotika dan Badan Nasional Narkotika (BNN) Indonesia dalam memerangi penyalahgunaan narkotika.
Penghargaan diserahkan oleh Kepala Direksi Antinarkotika, Mayor Jenderal Jorge Luis Ramirez.

Saat penyerahan penghargaan, Jenderal bintang tiga tersebut menyampaikan bahwa Priyo Iswanto dinilai telah berhasil dan berperan nyata dalam meningkatkan kerja sama dalam memerangi narkoba antara kedua negara.
Dalam situasi normal, penyerahan penghargaan dilakukan di Markas Besar Kepolisian dan disaksikan oleh lebih kurang 600 anggota kepolisian beserta undangan lain. Namun, mengingat wabah Covid-19, penghargaan diserahkan di markas Direksi Antinarkotika secara sederhana dan khidmat dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Dalam rilis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (22/10), selain Priyo, Kepolisian Nasional Kolombia juga menyerahkan penghargaan yang sama kepada Duta Besar Kolombia untuk Indonesia, Juan Camilo Valencia.

Priyo Iswanto merupakan Duta Besar asing pertama yang menerima penghargaan tersebut. Sebelumnya, penghargaan serupa diberikan kepada Menteri Dalam Negeri Spanyol dan kepada beberapa kepala badan antinarkotika negara-negara sahabat Kolombia.

Usai menerima penghargaan, Priyo menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan penghargaan bagi bangsa Indonesia sebagai cerminan kuatnya komitmen kerja sama Indonesia dan Kolombia untuk memberantas penyalahgunaan narkotika.

Indonesia kini sudah menjadi pasar bagi narkoba dan sekarang kita dihadapkan pada persoalan munculnya zat psikoaktif baru yang jumlahnya ratusan dan belum masuk dalam daftar serta belum ada aturan penggunaannya, dan oleh karenanya kerja sama antarnegara khususnya oleh Direksi Antinarkotika Kolombia dan Badan Narkotika Nasional perlu terus ditingkatkan.

Antara Direksi Antinarkotika Kolombia dan BNN telah memiliki landasan kerja sama untuk memerangi produksi, pengolahan, dan peredaran narkoba sejak 2016.

Kedua institusi tersebut terus meningkatkan kerja sama baik melalui forum multilateral maupun bilateral.

Penguatan kerja sama bilateral ditandai dengan kunjungan Kepala Direksi Antinarkotika Mayjen Jorge Ramirez ke Indonesia pada 9-14 Oktober 2019 dilanjutkan dengan partisipasi dua orang Polisi Kolombia mengikuti International Training on Narcotics Enforcement pada bulan Nopember 2019 di Jakarta.

Mayor Wilson Quintero Martinez adalah Komandan Patroli Antinarkotika yang diculik gerilyawan FARC yang menguasai ladang koka pada saat yang bersangkutan melakukan operasi rahasia pemberantasan narkotika di Vichada. Beliau berhasil meloloskan diri tiga kali tetapi akhirnya tertangkap dan dibunuh pada tahun 1999.
Yang bersangkutan dipandang sebagai pahlawan polisi dalam memerangi narkotika dan namanya diabadikan untuk penghargaan terhadap orang-orang penting yang berjasa dalam upaya memerangi penggunaan ilegal narkotika. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA