Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dikunjungi Menlu Pompeo, Retno Marsudi Yakin Bisa Perkuat Hubungan AS-Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 22 Oktober 2020, 18:46 WIB
Dikunjungi Menlu Pompeo, Retno Marsudi Yakin Bisa Perkuat Hubungan AS-Indonesia
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo dan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi di Jakarta pada 4 Agustus 2018/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengumumkan lawatan kerja dari mitranya di Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo pada pekan depan.

Berbicara dalam konferensi pers virtual pada Kamis (22/10), Retno mengungkap telah mempersiapkan kunjungan Pompeo dengan Dutabesar AS di Jakarta yang baru, Sung Y. Kim.

"AS adalah salah satu mitra penting Indonesia. Indonesia ingin terus membangun kemitraan kokoh yang saling menguntungkan dan saling menghormati dengan AS," kata Retno.

Dalam pernyataannya, Retno juga mengaku optimis jika pertemuannya dengan Pompeo pada pekan depan dapat memperkuat hubungan kedua negara.

"Saya yakin pembicaraan saya dengan Secretary Pompeo akan berjalan dengan baik dan sekali lagi dapat memperkokoh hubungan bilateral kita dengan AS," tegasnya.

Selain melakukan pertemuan bilateral dengannya, Retno mengatakan, Pompeo juga dijadwalkan untuk hadir dalam forum gerakan pemuda Ansor untuk berdialog mengenai agama dan peradaban.

Kunjungan Pompeo, kata Retno, merupakan bukti komitmen kedua negara untuk memperkuat kemitraan.

Pasalnya, sejumlah pejabat kedua negara secara intensif melakukan kunjungan satu sama lain, terlepas dari adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

"Wakil Menteri Pertahanan AS telah berkunjung ke Indonesia, dan antara lain melakukan pertemuan dengan saya. Menteri Pertahanan Indonesia (juga) telah berkunjung ke AS," kata Retno.

"Delegasi US International Development Finance Corporation atau DFC akan berkunjung ke Indonesia minggu ini, dan Secretary Pompeo akan berkunjung minggu depan," tambahnya.

Berdasarkan situs resmi Departemen Luar Negeri AS, Pompeo akan melakukan tur Asia mulai Minggu (25/10). Sebelum ke Indonesia, Pompeo akan mengunjungi India, Srilanka dan Maladewa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA