Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin Beri Izin Tinggal Permanen Pada Buronan Intelijen AS Edward Snowden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 23 Oktober 2020, 06:32 WIB
Putin Beri Izin Tinggal Permanen Pada Buronan Intelijen AS Edward Snowden
buronan intelijen Amerika Serikat Edward Snowden/Net
rmol news logo Pemerintah Rusia akhirnya memberikan izin tinggal permanen kepada buronan intelijen Amerika Serikat Edward Snowden.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Keterangan mengenai hal itu disampaikan oleh pengacaranya Anatoly Kucherena dalam sebuah pernyataan pada Kamis waktu setempat, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (22/10).

Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan suaka kepada whistleblower Amerika itu pada tahun 2013, yang memicu konfrontasi diplomatik besar dengan pemerintahan Presiden Barack Obama ketika itu. Tahun berikutnya, dia diberikan izin tinggal sementara oleh pemerintah Rusia.

Snowden, yang tinggal di atau dekat Moskow, telah membela keputusannya untuk mengungkap program pengawasan NSA yang sangat rahasia, termasuk peretasan sistem Internet pribadi dan memata-matai sekutu dan musuh AS secara luas.

Dia dicari di Amerika Serikat atas tuduhan spionase dan pencurian properti pemerintah.

Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada media pada bulan Agustus bahwa dia mempertimbangkan untuk mengampuni Snowden, mengatakan ada banyak orang yang berpikir dia tidak diperlakukan secara adil oleh penegak hukum AS.

Bulan lalu, seorang hakim federal di Virgina memerintahkan Snowden untuk melepaskan 4,2 juta dolar AS yang merupakan hasil keuntungan dari memoarnya yang menceritakan semua tentang pekerjaannya selama menjadi intelijen di AS. Hal itu dilakukan karena dia tidak menyerahkan naskah untuk diperiksa pemerintah sebelum menerbitkannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA