Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Joe Biden Membandingkan Cara Dia Menghadapi China Berbeda Dengan Cara Yang Diambil Trump

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 23 Oktober 2020, 09:51 WIB
Joe Biden Membandingkan Cara Dia Menghadapi China Berbeda Dengan Cara Yang Diambil Trump
Joe Biden dan isteri saat baru tiba di Nashville untuk mengikuti debat putaran terakhir/Net
rmol news logo Joe Biden menyesali bahwa sepanjang pemerintahan Trump defisit perdagangan AS dengan China malah 'naik', bukannya 'turun'. Menurutnya Trump tidak memiliki kekuatan untuk membuat China mematuhi aturan internasional sementara ia akan melakukan itu bila terpilih pada November nanti. 

Pernyataan itu dijelaskan Biden ketika moderator Welker bertanya kepada bagaimana Biden menanggapi taktik agresif China baru-baru ini di panggung dunia.

"Apa yang akan saya buat adalah, China akan mematuhi aturan internasional," kata Biden, dalam siaran langsung dari Tennessean, Kamis (22/10) malam waktu setempat.

Biden mengungkapkan kembali pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping, di mana Biden melawan manuver China di Laut China Selatan. Dia pun membandingkan garis kerasnya dengan para pemimpin China dengan hubungan Trump kepada para pemimpin otokratis itu.

"Dia merangkul orang-orang seperti preman, di Korea Utara, presiden di China, Putin,  dan lainnya," kata Biden.

"Dia (Trump) tidak mau membicarakan masalah substantif," kata Biden. Lalu dia menghadap kamera sambil berkata,  "Ini bukan tentang keluarganya (Trump) atau keluargaku. Ini tentang keluargamu (pemirsa)!"

Moderator Welker juga bertanya kepada Trump tentang hubungannya dengan diktator Korea Utara Kim Jong Un.

"Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengannya. Jenis pria yang berbeda, tapi dia mungkin berpikiran sama tentang saya," kata Trump tentang Kim Jong Un.

Sementara Biden menyebut Kim sebagai 'preman', dan mengatakan dia tidak akan bertemu dengan Kim sampai pemimpin Korea Utara setuju untuk menurunkan kapasitas nuklirnya.

Ketika Trump berkata bahwa memiliki 'hubungan baik' dengan Kim bukanlah hal yang buruk, Biden pun membalas dengan mengatakan bahwa logika itu sangat aneh.

"Mirip dengan mengatakan: kami memiliki hubungan yang baik dengan Hitler sebelum dia menginvasi Eropa, seluruh Eropa!" ujar Biden. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA