Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Xi Jinping: Jangan Anggap Enteng Rakyat China!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 23 Oktober 2020, 11:14 WIB
Xi Jinping: Jangan Anggap Enteng Rakyat China<i>!</i>
Presiden China, Xi Jinping/Net
rmol news logo Presiden Xi Jinping memberikan peringatan kepada komunitas internasional untuk tidak menganggap enteng rakyat China.

Berbicara dalam pidato di Aula Besar Rakyat, Beijing pada Jumat (23/10), Xi mengatakan tidak akan pernah membiarkan kedaulatan, keamann, dan kepentingan pembangunan China di rusak.

Dikutip dari Reuters, ia juga mengatakan, setiap tindakan unilateralisme, monopoli, dan intimidasi yang dilakukan kepada rakyat China tidak akan berhasil.

"Biarkan dunia tahu bahwa rakyat China sekarang terorganisir, dan tidak boleh dianggap enteng," ujar Xi, mengutip pernyataan Mao Zedong, yang merupakan bapak pendiri Republik Rakyat China.

Xi juga menyerukan langkah untuk mempercepat modernisasi pertahanan dan angkatan bersenjata negara.

“Tanpa tentara yang kuat, tidak akan ada ibu pertiwi yang kuat,” ujarnya.

Pidato Xi sendiri ditujukan sebagai peringatan 70 tahun pengerahan pasukan China ke Semenanjung Korea untuk membantu Korea Utara melawan Korea Selatan, yang didukung oleh Amerika Serikat (AS), selama perang 1950-1953.

Meski tidak merujuk kepada AS, namun pernyataan Xi tampaknya diberikan sebagai respons atas permusuhan yang tengah terjadi antara Beijing dan Washington, di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump.

Dua ekonomi terbesar dunia telah bentrok karena masalah mulai dari perdagangan, persaingan teknologi dan keamanan hingga hak asasi manusia dan virus corona. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA