Trump Jawab Tudingan Biden Di Panggung Debat: Saya Adalah Orang Yang Paling Tidak Rasis Di Ruangan Ini

Debat Presiden/Net

  Bagi Joe Biden, rasisme institusional ada di Amerika sejak lama. Bahkan ia menuduh Trump membawa negara itu mundur dalam hal kesetaraan.

“Orang tua berkulit hitam, tidak peduli seberapa kaya atau miskin mereka, harus mengajari anak mereka untuk tidak mengenakan hoody saat menyeberang jalan,” kata kandidat presiden dari Partai Demokrat itu dalam acara debat presiden Kamis (22/10) malam. Ia mengutip contoh bagaimana orang kulit berwarna menghadapi rasisme di AS.

"Faktanya adalah, ada rasisme institusional di Amerika," kata Biden, dikutip dari US Today, Jumat (23/10).

Biden menambahkan bahwa AS tidak sepenuhnya melaksanakan prinsip 'semua manusia diciptakan setara'.

“Kami terus-menerus bergerak menuju inklusi, bukan pengecualian,” kata Biden. Ini (saya) adalah presiden pertama yang berkata, 'Kita harus mengakhirinya.' ”

Sang petahana Donald Trump pun menangkis serangan itu dengan dengan menjawab, "Saya paling tidak rasis di ruangan ini!" yang melahirkan sorakan riuh di luar acara debat.

Menghadapi pertanyaan tentang pernyataan masa lalunya tentang supremasi kulit putih dan kelompok pembenci lainnya, Trump berulang kali mengklaim selama debat bahwa dia adalah orang paling tidak rasis di ruangan itu.

Trump tidak secara langsung menjawab pertanyaan tentang hubungannya dengan gerakan Black Lives Matters, dia malah mengatakan kesan pertamanya tentang gerakan itu adalah mendengar nyanyian provokasi anti-polisi, menyusul penembakan yang melibatkan polisi terhadap orang-orang kulit berwarna yang tidak bersenjata.

"Tuan Presiden, Anda menggambarkan gerakan Black Lives Matter sebagai simbol kebencian. Anda membagikan video seorang pria yang meneriakkan 'kekuatan putih' kepada jutaan pendukung Anda. Anda telah mengatakan bahwa atlet profesional kulit hitam yang menjalankan hak Amandemen Pertama mereka harus dipecat. Apa yang Anda katakan kepada orang Amerika yang mengatakan bahwa bahasa seperti itu, dari seorang presiden, berkontribusi pada iklim kebencian, dan perselisihan rasial?" tanya sang moderator debat.

"Anda harus mengerti, pertama kali saya mendengar tentang Black Lives Matter, mereka meneriakkan, 'Babi dalam selimut'," ujar Trump berbicara tentang ujaran kebencian yang dilontarkan pengunjuk rasa kepada polisi.

"Saya tidak tahu harus berkata apa," kata Trump. "Saya telah melakukan reformasi peradilan pidana, dan reformasi penjara, dan peluang lainnya. Saya mengurus perguruan tinggi dan universitas bagi kulit hitam. Saya tidak tahu harus berkata apa. Mereka bisa mengatakan apa saja," ujar Trump.

"Maksud saya, mereka bisa mengatakan apa saja (padahal dia telah melakukan banyak hal). Itu membuat saya sedih. Saya orang yang paling tidak rasis. Saya bahkan tidak bisa melihat penonton, karena sangat gelap, tapi saya tidak peduli siapa di antara penonton, saya adalah orang yang paling tidak rasis di ruangan ini," katanya.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Pakar Hukum Internasional: Jangan Harap Perubahan Signifikan Hubungan AS-Indonesia Di Era Biden
Dunia

Pakar Hukum Internasional: J..

02 Desember 2020 16:16
Borong Ratusan Juta Dosis, Jepang Gratiskan Vaksin Virus Corona Untuk Seluruh Warganya
Dunia

Borong Ratusan Juta Dosis, J..

02 Desember 2020 16:04
Tak Akan Cabut Kesepakatan Dagang Trump, Biden Akan Tetap Keras Pada China
Dunia

Tak Akan Cabut Kesepakatan D..

02 Desember 2020 15:39
Akhirnya Azerbaijan Batalkan Rencana 'Pamerkan' Tawanan Perang Armenia Saat Parade Militer Mendatang
Dunia

Akhirnya Azerbaijan Batalkan..

02 Desember 2020 15:18
Dihantam 11 Bencana Alam Dalam Dua Bulan, Vietnam Alami Kerugian Hingga Rp 18,5 Triliun
Dunia

Dihantam 11 Bencana Alam Dal..

02 Desember 2020 14:53
Wakil PM Libya:  Hanya Turki Yang Mendukung Kami Melewati Masa-masa Sulit
Dunia

Wakil PM Libya: Hanya Turki..

02 Desember 2020 14:45
Inggris Jadi Negara Pertama Yang Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Pfizer
Dunia

Inggris Jadi Negara Pertama ..

02 Desember 2020 14:40
Prancis Bela Australia Kecam Keras Foto Satir, China: Katanya Bela ‘Hak Atas Karikatur’, Tapi Kok Kecam Karya Seniman Muda?
Dunia

Prancis Bela Australia Kecam..

02 Desember 2020 14:26