Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dampak Ekonomi Covid-19 Di Amerika Latin Memprihatinkan, IMF Khawatirkan Adanya Kerusuhan Massal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 23 Oktober 2020, 12:46 WIB
Dampak Ekonomi Covid-19 Di Amerika Latin Memprihatinkan, IMF Khawatirkan Adanya Kerusuhan Massal
Aksi protes di Chili beberapa waktu lalu/Net
rmol news logo Dana Moneter Internasional (IMF) menyoroti dampak ekonomi-sosial akibat pandemi Covid-19 di kawasan Amerika Latin.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur IMF untuk wilayah belahan barat, Alejandro Werner mengatakan, kerusuhan sosial kemungkinan akan terjadi di banyak negara Amerika Latin setelah pandei Covid-19.

Pasalnya, ia mengatakan, ekonomi di wilayah Amerika Latin dan Karibia diperkirakan akan mengalami kontraksi sebesar 8,1 persen untuk tahun ini.

Sedangkan, pertumbuhan ekonomi pada 2021 diproyeksikan tidak akan merata. Di mana hanya 3,6 persen yang dapat berhasil kembali ke angka sebelum pandemi, sementara sebagian besar akan mengalami kesulitan hingga setidaknya 2023.

"Beberapa penentu ketidaknyamanan sosial akan memperburuk dan itu menimbulkan kepedulian kami terhadap kawasan ini, bagi banyak negara di kawasan itu," kata Werner, dalam wawancaranya kepada Reuters pada Kamis (22/10).

“Keluar dari pandemi, kita akan memiliki tingkat aktivitas ekonomi dan lapangan kerja yang jauh lebih rendah dari sebelumnya, tingkat kemiskinan dan distribusi pendapatan yang lebih buruk,” tambahnya.

Dengan kondisi ekonomi yang buruk, Werner menjelaskan, aksi protes terkadang berubah menjadi kerusuhan.

Bukan tanpa alasan, situasi itu pun pernah terjadi di beberapa negara, termasuk Chili, Ekuador, dan Kolombia. Mengingat sebelumnya mereka telah dilanda protes akibat kesenjangan sosial, korupsi, dan kebijakan pemerintah.

Pekan ini, aksi protes berubah menjadi kekerasan di Santiago, Chili. Hal tersebut membuat Chili pada Minggu (25/10) akan mengadakan referendum terkait pembatalan konstitusi lama sebagai tuntutan protes rakyat pada 2019. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA