Upaya Rahasia Richard Grenell Gulingkan Maduro Gagal

Richard Grenell menghadiri resepsi di istana Schloss Meseberg, Jerman pada tahun 2018 lalu/Net

Mantan Direktur Intelijen Nasional AS Richard Grenell, dikabarkan telah melakukan pertemuan rahasia dengan perwakilan Presiden Nicolas Maduro, Jorge Rodriguez, di Mexico City bulan lalu.

Menurut sebuah sumber, pertemuan tersebut dilakukan sebagai usaha untuk mencoba melengserkan Maduro secara damai dari kursi kepresidenan. Tetapi belakangan diketahui tidak ada kesepakatan yang berhasil dicapai dalam pertemuan rahasia itu.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada komentar langsung dari Gedung Putih atau Departemen Luar Negeri.

Sumber-sumber memberikan pandangan yang bertentangan tentang apakah pertemuan itu bermanfaat atau tidak, tetapi semua setuju bahwa tidak ada kesepakatan yang dicapai atau bahkan kemajuan signifikan yang dibuat menuju lengsernya Maduro.

Satu sumber mengatakan perwakilan Maduro menunjukkan minat untuk menemukan solusi tetapi mengisyaratkan keinginan untuk menunggu hasil pemilihan AS.

"Mereka memang menginginkan solusi, tetapi mereka menunggu untuk melihat siapa presiden berikutnya. Jelas mereka mencoba mengulur waktu," kata salah satu sumber, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (22/10).

Orang lain yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa pertemuan dan pembicaraan itu menunjukkan keputusasaan AS yang hanya akan mendorong Maduro untuk semakin memperkuat dirinya.

Pertemuan Grenell, pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg News, menyusul kontak rahasia sebelumnya antara pemerintahan Trump dan pejabat Venezuela, kata salah satu sumber, tanpa merinci lebih lanjut.

"Pertemuan di ibu kota Meksiko itu tidak dikoordinasikan dengan Departemen Luar Negeri AS, tempat Elliott Abrams menjabat sebagai utusan untuk Venezuela dan Iran," kata sumber lainnya.

Tidak diketahui bagaimana pembicaraan itu diatur, tetapi sumber itu mengatakan tidak ada pertemuan lebih lanjut yang dijadwalkan.

Grenell, utusan khusus untuk negosiasi perdamaian Serbia dan Kosovo, juga terlibat dalam mencapai kesepakatan baru-baru ini antara Serbia dan Kosovo untuk meningkatkan hubungan ekonomi.

Tapi dia tidak diketahui pernah memainkan peran sebelumnya dalam kebijakan Venezuela atau masalah utama Amerika Latin lainnya.

"Presiden Donald Trump menjadi semakin frustrasi atas kegagalan kebijakan sanksi dan tekanan diplomatiknya untuk menggulingkan Maduro," kata para pejabat AS secara pribadi.

Maduro, seorang sosialis yang pemilihannya kembali pada 2018 dianggap palsu oleh sebagian besar negara Barat, telah mempertahankan dukungan dari Rusia, China, Kuba, dan Iran. Dia juga didukung oleh militer Venezuela.

Ketika Trump berupaya terpilih kembali pada 3 November mendatang, dia telah mencari pencapaian kebijakan luar negeri yang dapat dia promosikan dalam fase terakhir kampanyenya. Seperti diketahui, Grenell saat ini merupakan penasihat kampanye senior Trump.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Pakar Hukum Internasional: Jangan Harap Perubahan Signifikan Hubungan AS-Indonesia Di Era Biden
Dunia

Pakar Hukum Internasional: J..

02 Desember 2020 16:16
Borong Ratusan Juta Dosis, Jepang Gratiskan Vaksin Virus Corona Untuk Seluruh Warganya
Dunia

Borong Ratusan Juta Dosis, J..

02 Desember 2020 16:04
Tak Akan Cabut Kesepakatan Dagang Trump, Biden Akan Tetap Keras Pada China
Dunia

Tak Akan Cabut Kesepakatan D..

02 Desember 2020 15:39
Akhirnya Azerbaijan Batalkan Rencana 'Pamerkan' Tawanan Perang Armenia Saat Parade Militer Mendatang
Dunia

Akhirnya Azerbaijan Batalkan..

02 Desember 2020 15:18
Dihantam 11 Bencana Alam Dalam Dua Bulan, Vietnam Alami Kerugian Hingga Rp 18,5 Triliun
Dunia

Dihantam 11 Bencana Alam Dal..

02 Desember 2020 14:53
Wakil PM Libya:  Hanya Turki Yang Mendukung Kami Melewati Masa-masa Sulit
Dunia

Wakil PM Libya: Hanya Turki..

02 Desember 2020 14:45
Inggris Jadi Negara Pertama Yang Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Pfizer
Dunia

Inggris Jadi Negara Pertama ..

02 Desember 2020 14:40
Prancis Bela Australia Kecam Keras Foto Satir, China: Katanya Bela ‘Hak Atas Karikatur’, Tapi Kok Kecam Karya Seniman Muda?
Dunia

Prancis Bela Australia Kecam..

02 Desember 2020 14:26