Meskipun Tertinggal Di Belakang China, India Berpotensi Menjadi Negara Kuat

Ilustrasi/Net

India berada pada posisi keempat sebagai negara terkuat. Bila China dan Amerika disebut sebagai 'Kekuatan Super', maka India memiliki 'kekuatan menengah'.

Asia Power Index 2020 dalam laporannya menyebutkan empat besar urutan negara terkuat di antaranya Amerika Serikat, China, Jepang, dan India.

Menurut Lowy Institute, sebuah lembaga pemikir independen yang berbasis di Sydney mengatakan mereka telah menyusun daftar 26 negara berdasarkan faktor-faktor termasuk kemampuan ekonomi, kemampuan militer, ketahanan, pengaruh diplomatik dan pengaruh budaya.

Skor keseluruhan India turun 1,3 poin dibandingkan pada 2019. Namun, New Delhi melihat peringkat pengaruh diplomatiknya meningkat dua tempat, menyalip Korea Selatan dan Rusia.

“Meskipun kehilangan poin karena persepsi internasional yang buruk tentang penanganan India terhadap dari pandemi," isi laporan tersebut.

“Keputusan untuk menarik diri dari Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional telah merugikan posisi India. Sementara itu, pengaruh ekonomi China terus tumbuh di India, termasuk di Nepal di mana Beijing telah menggantikan New Delhi sebagai investor asing utama,” kata laporan itu, seperti dikutip dari Eurasian Times.

Namun, New Delhi naik satu tempat dalam jaringan pertahanan karena peningkatan kerja sama melalui 'The Quadrilateral Grouping' yang mencakup India, AS, Australia, dan Jepang.

Dengan adanya konflik India dan China di perbatasan, ketegangan meningkat antara negara bertetangga itu meskipun upaya perdamaian terus dilakukan.

Menurut perkiraan Lowy, India kehilangan potensi pertumbuhan ekonomi dalam pandemi dan perlahan-lahan menyerahkan lahan strategis ke Beijing.

Asisten profesor di Institut Studi Internasional dan Area, Universitas Tsinghua, Xie Chao, mengatakan, “Asia Power Index mungkin berfungsi untuk mendinginkan sentimen nasionalis India yang terlalu panas. Sejak ketegangan perbatasan meletus pada Mei, ahli strategi di India bersikeras bahwa tentara India mampu mengatasi ancaman dari China," tulisnya, di Global Time.

“Laporan tersebut menyatakan bahwa India hanya akan mencapai 40 persen dari output ekonomi China pada tahun 2030, turun dari perkiraan 50 persen di Asia Power Index 2019. Laporan itu juga mengatakan kebangkitan India sebagai negara adidaya akan menjadi upaya multi-dekade, jika itu terjadi," kata Chao.

Chao mengatakan, nampaknya ada 'celah kekuasaan' antara India dan China,  tetapi  prediksi ini bertentangan dengan apa yang dikatakan oleh beberapa media Barat yang mengklaim India mampu meningkatkan kekuatannya yang dapat disamakan dengan China.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Pendemi Covid-19, Ilhami Sari Rogo Wujudkan Agrowisata Unila dan Hortipark Pesawaran

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Komandan Senior Garda Revolusi Islam Iran Tewas Dalam Serangan Udara Di Perbatasan Suriah
Dunia

Komandan Senior Garda Revolu..

01 Desember 2020 13:04
Permusuhan Semakin Dalam, China Peringatkan Kapal Australia Untuk Tak Dekati Laut China Selatan
Dunia

Permusuhan Semakin Dalam, Ch..

01 Desember 2020 12:49
Dapat Lampu Hijau, Pesawat Komersial Israel Bisa Pakai Wilayah Udara Arab Saudi?
Dunia

Dapat Lampu Hijau, Pesawat K..

01 Desember 2020 12:39
Scott Atlas, Penasihat Khusus Presiden Trump Untuk Penanganan Virus Corona Mengundurkan Diri
Dunia

Scott Atlas, Penasihat Khusu..

01 Desember 2020 12:37
Ilmuwan Terus Berupaya Pecahkan Misteri Terbesar Abad Ini: Dari Mana Sebenarnya Virus Corona Berasal?
Dunia

Ilmuwan Terus Berupaya Pecah..

01 Desember 2020 12:17
Jelang Pelantikan Biden, Trump Tancap Gas Pembuatan Tembok Meksiko
Dunia

Jelang Pelantikan Biden, Tru..

01 Desember 2020 12:15
Menteri Besar Selangor Kirim Pesan Dukungan Bagi Anies Pasca Dinyatakan Positif Covid-19
Dunia

Menteri Besar Selangor Kirim..

01 Desember 2020 11:57
Bintang Rock Australia Blak-blakan Salahkan Sikap Scott Morrison: Kita Tidak Bisa Sendirian Lawan China
Dunia

Bintang Rock Australia Blak-..

01 Desember 2020 11:56