Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Luis Arce Menang Pemilu, Mantan Presiden Bolivia Evo Morales Tinggalkan Argentina Menuju Venezuela

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 24 Oktober 2020, 11:56 WIB
Luis Arce Menang Pemilu, Mantan Presiden Bolivia Evo Morales Tinggalkan Argentina Menuju Venezuela
Mantan presiden Bolivia Evo Morales/Net
rmol news logo Mantan presiden Bolivia Evo Morales dikabarkan telah meninggalkan Argentina menuju Caracas pada Jumat (23/10) malam waktu setempat dengan menggunakan pesawat resmi Venezuela. Kabar tersebut dilaporkan oleh kantor berita resmi Argentina, Telam.

Telam melaporkan bahwa Morales, yang telah berada di pengasingan di Buenos Aires sejak Desember 2019, terbang keluar dari bandara internasional Ezeiza pada pukul 17:15 sore menuju ibu kota Venezuela, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (24/10).

Media lokal mengatakan pemimpin Gerakan Sosialisme (MAS) itu akan kembali ke ibu kota Argentina pada hari Minggu (25/10) besok.

Morales pada Senin (19/10) mengisyaratkan niatnya untuk kembali ke Bolivia setelah pewaris kirinya Luis Arce menang dalam pemilihan presiden akhir pekan lalu.

Komisi pemilihan Bolivia pada hari Jumat (23/10) telah mengkonfirmasi kemenangan Arce, mengembalikan MAS ke tampuk kekuasaan kurang dari setahun setelah Morales mengundurkan diri. Sejak saat itu Morales meninggalkan Bolivia setelah terjadi protes berminggu-minggu atas pemilihan kembalinya yang kontroversial.

Morales, presiden pribumi pertama Bolivia, menjabat selama hampir 14 tahun tetapi tahun lalu berdiri untuk - dan awalnya menang - masa jabatan keempat berturut-turut yang inkonstitusional.

Konstitusi Bolivia membatasi seorang presiden hanya untuk dua periode berturut-turut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA