Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Negara Dilanda Protes Anti-Pembatasan Sosial, Presiden Polandia Positif Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 25 Oktober 2020, 08:26 WIB
Negara Dilanda Protes Anti-Pembatasan Sosial, Presiden Polandia Positif Covid-19
Presiden Polandia, Andrzej Duda yang dinyatakan positif Covid-19/Net
rmol news logo Satu lagi pemimpin dunia terpapar virus corona baru. Presiden Polandia, Andrzej Duda telah dinyatakan positif Covid-19.

Dalam pengumuman yang ia sampaikan sendiri melalui siaran televisi pada Sabtu (24/10), Duda mengatakan permintaan maafnya karena harus melakukan karantina sehingga bekerja jarak jauh.

Meski begitu, ia bersikeras merasa baik karena tidak mengalami gejala dan tidak memiliki penyakit bawaan yang dapat memperburuk kondisi pasien Covid-19.

"Saya tidak mengalami gejala apapun, apalagi rasa atau penciuman saya kurang, saya merasa baik," kata Duda, seperti dikutip Reuters.

Pria 48 tahun itu mengungkap bahwa dirinya terkejut ketika dinyatakan positif Covid-19.

"Percayalah, saya tidak memiliki gejala. Jika saya tahu saya terkena virus corona semua pertemuan akan dibatalkan," katanya sembari mengatakan ia sempat melakukan kunjungan ke Stadion Warsawa yang saat ini dialihfungsikan sebagai rumah sakit lapangan.

Pengumuman terinfeksinya Duda terjadi di tengah unjuk rasa sebagai protes atas pembatasan sosial ketat yang diberlakukan oleh pemerintah untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Pada Sabtu, polisi menggunakan gas air mata mencoba membubarkan ribuan orang yang turun ke jalan-jalan di Warsawa dan Gdansk sejak Jumat (23/10).

Tanpa mengenakan masker atau mematuhi aturan jarak sosial, para pengunjuk rasa meminta agar pembatasan tidak diberlakukan.

"Mari kita bekerja, dan biarkan kita memutuskan sendiri," seru para pengunjuk rasa.

Pada Sabtu, Polandia melaporkan 13.628 kasus baru Covid-19, sehingga totalnya menjadi 241.946 dengan 4.351 kematian.

Duda menjadi satu di antara pemimpin dunia yang telah terinfeksi virus corona. Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Presiden Amerika Serikat Donald Trump hingga Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah didiagnosa penyakit yang sama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA