Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prancis Tidak Akan Balas Boikot Produk Turki, Tapi Desak UE Segera Bertindak Atas Pernyataan Erdogan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 28 Oktober 2020, 08:18 WIB
Prancis Tidak Akan Balas Boikot Produk Turki, Tapi Desak UE Segera Bertindak Atas Pernyataan Erdogan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Pernyataan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan soal seruan boikot terhadap produk negara Prancis dianggap telah melanggar nilai-nilai Uni Eropa. Untuk itu, pada Selasa (27/10) Prancis mendorong sekutu mereka di UE untuk mengadopsi tindakan terhadap Turki.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sebelumnya pada hari yang sama, Komisi Uni Eropa memperingatkan bahwa keanggotaan Turki di blok itu semakin jauh dari sebelumnya mengingat pernyataan Erdogan.

"Prancis bersatu dan Eropa bersatu. Pada Dewan Eropa berikutnya, Eropa harus mengambil keputusan yang memungkinkannya memperkokoh keseimbangan dengan Turki untuk lebih membela kepentingan dan nilai-nilai Eropa," kata Menteri Perdagangan Prancis, Franck Riester, kepada anggota parlemen, tanpa menentukan tindakan apa yang akan diambil, seperti dikutip dari AFP, Rabu (28/10).

Sebelumnya di hari yang sama, Komisi Eropa memperingatkan bahwa komentar Erdogan membuat upaya Turki yang terhenti untuk bergabung dengan UE menjadi prospek yang lebih jauh.

"Seruan untuk boikot produk dari setiap negara anggota bertentangan dengan semangat kewajiban ini dan akan membawa Turki lebih jauh dari Uni Eropa," kata seorang juru bicara.

Beberapa barang Prancis telah dikeluarkan dari rak supermarket di beberapa negara Timur Tengah termasuk Qatar dan Kuwait.

Meskipun demikian, Riester mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa pemerintah Prancis tidak merencanakan tindakan balasan terhadap produk Turki.

Ekonom Prancis Stéphanie Villers mengatakan kepada radio RTL, bahwa boikot tersebut kemungkinan akan berdampak marjinal pada ekspor Prancis, mencatat bahwa tarif anggur Prancis yang diperkenalkan oleh AS tahun lalu jauh lebih merusak.

"Jika ada niat nyata untuk merugikan ekonomi Prancis, maka semua produk Prancis akan diboikot," kata Villers, mengamati bahwa sektor kedirgantaraan dan kemewahan yang lebih menguntungkan tidak terpengaruh.

Para pemimpin dan pejabat Uni Eropa berkumpul di sekitar Prancis pada hari Senin. Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan negaranya berdiri bersama Prancis 'untuk kebebasan berbicara dan melawan ekstremisme dan radikalisme'.

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas menggambarkan penghinaan Erdogan terhadap Macron sebagai 'titik terendah baru', menambahkan bahwa negaranya "berdiri dalam solidaritas dengan teman-teman Prancis kami".

Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou menambahkan bahwa retorika Erdogan "memicu fanatisme agama dan intoleransi atas nama benturan peradaban, [dan] tidak dapat ditoleransi".

Pada pertemuan puncak awal bulan ini, negara-negara anggota UE setuju untuk meninjau perilaku Turki pada bulan Desember dan mengancam akan menjatuhkan sanksi jika 'provokasi' Erdogan tidak berhenti, kata sebuah pernyataan dewan.

Sementara itu, dalam komentarnya pada hari Senin, Erdogan menyatakan bahwa para pemimpin Eropa harus mengakhiri agenda yang diduga 'anti-Islam' Macron.

"Saya menyerukan kepada semua warga negara saya dari sini untuk tidak pernah membantu merek Prancis atau membelinya," ungkapnya.

Turki dan Prancis sama-sama anggota aliansi militer NATO, tetapi keduanya telah berselisih mengenai masalah-masalah termasuk Suriah dan Libya, yurisdiksi maritim di Mediterania timur, serta konflik di Nagorno-Karabakh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA