Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemimpin Sekte Seks Keith Raniere Dijatuhi Hukuman Penjara 120 Tahun Oleh Pengadilan AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 28 Oktober 2020, 09:26 WIB
Pemimpin Sekte Seks Keith Raniere Dijatuhi Hukuman Penjara 120 Tahun Oleh Pengadilan AS
Pemimpin sekte Nxivm, Keith Raniere/Net
rmol news logo Pemimpin sekte Nxivm, Keith Raniere, akhirnya dijatuhi hukuman 120 tahun penjara oleh hakim New York pada Selasa (27/10) atas perbuatannya menjalankan organisasi yang menjadikan anggotanya sebagai budak seks.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hukuman seumur hidup yang efektif untuk Raniere itu datang setelah dia dinyatakan bersalah karena memaksa sejumlah wanita untuk berhubungan seks dengannya sebagai pemimpin karismatik Nxivm, sebuah kelompok pembinaan hidup yang menarik perhatian penggemar kaya dan terkenal.

Para pengikutnya harus mendaftar dengan membayar biaya pendaftaran sebesar 5.000 dolar AS untuk mengikuti kursus lima hari kelompok tersebut. Tetapi beberapa hari kemudian mereka dieksploitasi secara finansial dan seksual dan dipaksa untuk mengikuti diet ketat oleh Raniere yang dikenal sebagai 'Vanguard'.

Dia mendirikan sebuah faksi dalam kelompok yang disebut DOS, sebuah struktur piramida di mana para wanita adalah 'budak' dan 'Tuan Besar' Raniere duduk di puncak.

Para 'budak' dibuat untuk berhubungan seks dengan Raniere, menyerahkan informasi pribadi dan foto-foto pribadi mereka- dan beberapa wanita dicap seperti hewan peliharaan saat anggota lain menahan mereka.

Raniere dihukum pada Juni 2019 atas tujuh dakwaan yang diajukan terhadapnya, termasuk pemerasan, perdagangan seks, pemerasan, konspirasi kriminal, dan eksploitasi seksual seorang gadis berusia 15 tahun.

"Saya masih kecil. (Dia) merampok masa muda saya," kata wanita itu dalam pernyataan yang berdampak pada sidang hukumannya, seperti dikutip dari AFP, Rabu (28/10).

Sebanyak 15 orang yang 13 di antaranya adalah wanita, berpidato di pengadilan Brooklyn hari Selasa, sementara lebih dari 90 korban menulis surat kepada Hakim Nicholas Garaufis.

Nxivm - diucapkan Nexium - menyedot perhatian massa dengan promosinya tentang kursus perbaikan diri. Organisasi itu didirikan  Raniere di negara bagian New York pada 1998.

Raniere, yang ditangkap di Meksiko pada 2018, mengubah kursus pelatihan pengembangan pribadi itu dengan sesi seks sebagai kepala subkelompok hingga 20 wanita - yang termuda di antaranya berusia 15 tahun.
Kisah dramatis ini telah menjadi subjek dari dua adaptasi layar: seri doku bertajuk 'The Vow' yang baru-baru ini dirilis HBO dan 'Escaping the Nxivm Cult', sebuah film Lisa Robinson 2019 yang berfokus pada kesaksian seorang ibu yang bekerja untuk menyelamatkan putrinya dari organisasi sesat itu.

Berbicara di pengadilan pada hari Selasa, Raniere mengatakan bahwa dia sangat menyesal atas rasa sakit dan kemarahan yang telah diungkapkan para korbannya, tetapi dia tetap mempertahankan bahwa dia tidak bersalah.

"Saya tidak menyesal atas tuduhan itu. Itu tidak benar," tambahnya.

Lima orang lainnya didakwa dalam kasus tersebut, dan semuanya mengaku bersalah.

Aktris Amerika kelahiran Jerman Allison Mack yang dikenal karena perannya dalam 'Smallville', mengakui dua tuduhan pemerasan pada April 2019.

Pewaris kerajaan minuman Kanada Seagram, Clare Bronfman, dijatuhi hukuman bulan lalu setelah juga mengaku bersalah.

Perempuan berusia 41 tahun itu dituduh menggunakan lebih dari 100 juta dolar AS dari perkiraan kekayaan bersihnya yang bernilai 2,6 miliar AS untuk mendanai grup dan mendapat lebih dari enam tahun penjara.

Menyusul hukuman Raniere, Jaksa Penuntut New York Richard Donoghue mengatakan proses tersebut mengungkapkan bahwa Raniere, yang menggambarkan dirinya sebagai seorang yang cerdas dan jenius, sebenarnya adalah seorang manipulator ulung, seorang penipu dan bos kejahatan dari sebuah organisasi yang mirip sekte.

Jaksa penuntut telah meminta hukuman seumur hidup, menuduh Raniere melakukan "penyangkalan total atas kesalahan".

Sementara itu, tim pembela Raniere telah menyarankan hukuman penjara 15 tahun mungkin akan lebih sesuai untuk kliennya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA