Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Besok Ceko Akan Memiliki Menteri Kesehatan Baru Setelah Presiden Milos Zeman Pecat Prymula

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 28 Oktober 2020, 11:15 WIB
Besok Ceko Akan Memiliki Menteri Kesehatan Baru Setelah Presiden Milos Zeman Pecat Prymula
Menteri Kesehatan Ceko, Roman Prymula, yang diminta mundur karena melanggar aturan pembatasan Covid-19/Net
rmol news logo Ceko akan segera mengganti menteri kesehatannya dalam waktu dekat, setelah sang menteri melanggar peraturan batasan virus corona yang dibuatnya sendiri. Presiden Ceko Milos Zeman akan menunjuk Jan Blatny sebagai menteri kesehatan baru, seperti dilaporkan AFP, Rabu (28/10).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pengangkatan Blatny akan dilakukan pada Kamis (29/10) waktu setempat, kata juru bicara Jiri Ovcacek dalam sebuah tweet.

Angka kasus positif Covid-19 di Ceko telah mencapai 270 ribu pada Selasa (27/10) dan angka kematian mencapai 2.400 sejak Maret, menjadi negara itu memimpin negara-negara Uni Eropa lainnya dalam hal kematian dan kasus baru per 100 ribu penduduk.

Mentari Kesehatan Ceko sebelumnya, Roman Prymula, tertangkap kamera seorang fotografer tabloid sedang meninggalkan sebuah restoran yang seharusnya ditutup berdasarkan aturan yang bertujuan membendung penyebaran virus.

Sikap Prymula telah membuat geram Perdana Menteri Republik Ceko Andrej Babis. Ia yang menyerukan menteri kesehatan itu untuk mengundurkan diri atau dipecat setelah dirinya ketahuan melanggar pembatasan Covid-19 yang dibuatnya sendiri dengan mengunjungi sebuah restoran di Praha, minggu lalu.

Prymula telah membantah bahwa dia melakukan kesalahan dan menolak untuk mundur, yang semakin meningkatkan krisis. Dia mengatakan dia diundang untuk berpartisipasi dalam pertemuan dengan direktur rumah sakit dan hanya pergi melalui restoran ke ruang pribadi tempat pertemuan itu berlangsung.

Harian tabloid Blesk mengatakan Prymula bertemu dengan Jaroslav Faltynek, wakil kepala senior pemerintah ANO, atau YES, gerakan yang dipimpin oleh Babis di sebuah restoran Praha pada Rabu (21/10) malam waktu setempat.

Foto-foto yang diterbitkan di koran menunjukkan bahwa Prymula juga tidak memakai masker sebagaimana diwajibkan sebagai pencegahan penyebaran virus corona di negara itu.

Saat ini pemerintah Ceko sebenarnya telah menutup bisnis restoran karena pandemi, dan tidak segera jelas apakah tempat tersebut buka atau apakah pemiliknya hanya mengizinkan Prymula dan Faltynek untuk makan di sana.

Faltynek sendiri telah meminta maaf atas pertemuan itu dan menyesal telah membuat posisi Prymula menjadi sulit.  Dia mengatakan dialah yang meminta Prymula bertemu untuk membahas sesi khusus parlemen yang akan menyetujui rencana bagi personel medis militer NATO untuk datang ke Republik Ceko untuk membantu kolega lokalnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA